Nelayan Karimun Panen Ikan Tenggiri di Musim Utara

Nelayan Karimun Panen Ikan Tenggiri di Musim Utara

(Foto: ilustrasi)

Karimun, Batamnews - Musim utara memang menjadi tantangan bagi nelayan dalam mencari ikan. Bahaya di laut kerap mengancam karena cuaca buruk, angin kencang dan tingginya gelombang. 

Namun di balik itu, musim utara sebenarnya menjadi  saat dimana melimpahnya hasil tangkapan.

Baca juga: BMKG Bekali Nelayan Natuna Pengetahuan Cuaca dan Iklim Maritim

Junaidi, seorang nelayan di Karimun menyebut jika waktu yang ditunggu untuk melaut justru adalah saat musim utara. Kendati demikian, ia juga selalu memperhatikan prakiraan cuaca.

Dikatakannya, saat di luar musim utara hasil tangkapan sekali melaut sekitar 20 kilogram ikan. Namun di musim angin utara ini, ia bisa panen ikan tenggiri mencapai 50 kilogram sekali turun.

"Ini ibaratnya peluang emas dengan hasil tangkapan bisa mencapai 50 kilogram, yang biasanya hanya sekitar 20 kilogram," kata Junaidi, nelayan asal Lubuk Semut, Karimun itu.

Baca juga: Warga Pulau Laut Curhat Jaringan hingga Kapal Nelayan ke Dua Menteri Jokowi

Selain perolehan tangkapan ikan tenggiri, nelayan juga akan mendapat tangkapan ikan parang. "Ikan tenggiri sih paling banyak, dan ada juga ikan parang," katanya.

Disebutkannya, pasang laut tinggi biasa ada di pagi hari. Nelayan Tenggiri biasa mulai melaut pada sore hari.

"Tidak pengaruh, pasang laut tinggi hanya terjadi antara pukul 8.00 sampai pukul 12.00, dan kami melaut sekitar pukul 16.00 sore," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews