Dari Pekanbaru, Menteri BUMN Erick Thohir Juga Sambangi Kabupaten Meranti

Dari Pekanbaru, Menteri BUMN Erick Thohir Juga Sambangi Kabupaten Meranti

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Meranti, Batamnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dikabarkan akan bertandang di Kabupaten Kepulauan Meranti pada Jumat (26/11/2021) siang ini.

Dari informasi yang diterima, kunjungannya di kabupaten bungsu di Riau itu untuk melihat langsung kondisi nelayan tradisional daerah setempat.

Dalam rangkaian rencana kunjungan, Erick juga akan diajak untuk melihat produksi dan potensi sentra Industri Kecil Menengah (IKM) sagu di Kecamatan Sungai Tohor.

"Ini sedang persiapan kunjungan Pak Menteri BUMN. Rencana kedatangannya hari Jumat siang dari Pekabaru menggunakan heli langsung ke Sungai Tohor. Agenda melihat aktivitas nelayan dan Sentra IKM Sagu," kata Bupati Meranti, Muhammad Adil.

Tujuan utama kunjungan untuk mendorong kapasitas hasil tangkap nelayan setempat. Kunjungan tersebut tentu menjadi kesempatan baik bagi daerah untuk sekalian ikut merekomendasikan produk turunan sagu ke pasar nasional.

Terutama memanfaatkan peran atau partisipasi dari Perum Bulog yang berada di bawah naungan BUMN sebagai pengelola logistik negara untuk ikut mengangkat komoditas sagu, layaknya beras.

"Sagu sudah semakin berkembang, sementara pasar atau pembelinya minim sehingga menyebabkan harga jual cenderung menurun. Seperti saat ini kita sudah ada produk beras analog berbahan dasar sagu. Makanya kita butuh partisipasi pemerintah pusat untuk mengembangkan sektor usaha tersebut," ujarnya.

Jika itu terjadi dan akan diakomodir oleh Erick, tentunya kesejahteraan petani sagu akan meningkat hingga tidak kalah saing dibanding Pajale atau padi, jagung dan kedelai. 

"Sejauh ini hanya padi, kedelai, jagung dan sagu belum jadi prioritas. Ya kita berharap itu, kita tau lah pak menteri ini cukup pintar melirik potensi tersebut, mudah mudahan lancar," kata Adil.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews