Studi: Konsumsi Anggur Bisa Bantu Turunkan Kolestrol

Studi: Konsumsi Anggur Bisa Bantu Turunkan Kolestrol

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Hasil studi menunjukkan anggur bermanfaat untuk usus dan sistem pencernaan serta menurunkan kolesterol jahat.

Peneliti dari UCLA ini menganalisis pengaruh konsumsi bubuk anggur pada kesehatan. Peneliti meminta partisipan untuk mengonsumsi 46 gram bubuk anggur setiap hari atau sekitar dua porsi anggur utuh.

Setelah empat minggu konsumsi anggur, peneliti mendapati penurunan kolesterol jahat atau LDL hingga 5,9 persen. Peneliti juga menemukan penurunan asam empedu total hingga 40,9 persen.

Selain itu, peneliti juga menemukan keragaman mikrobioma di usus yang tumbuh secara signifikan. Mikrobioma usus dapat mencegah sakit perut dan iritasi usus. Selain itu, mikrobioma usus baik untuk mencegah penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan obesitas.

Baca juga: Mengenal 7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet

Studi juga menunjukkan mikrobioma usus yang sehat dan beragam juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Menurut peneliti, manfaat anggur ini didapatdari kandungan serat yang tinggi dan fitokimia yang disebut katekin. Katekin memiliki manfaat membantu peradangan dalam tubuh dan memicu perkembangan bakteri baik di usus.

"Kesimpulannya, konsumsi bubuk anggur secara signifikan mengubah mikrobioma usus dan metabolisme kolesterol atau asam empedu," tulis peneliti dalam abstrak studi mereka.

Peneliti menyarankan agar setiap orang bisa memasukkan anggur dalam menu harian untuk mendapatkan manfaat anggur bagi kesehatan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews