Ansar Sebut Tingkat Pengangguran di Kepri Masih Tinggi

Ansar Sebut Tingkat Pengangguran di Kepri Masih Tinggi

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berada diangka 10,12 persen. Hal itu dipicu karena pandemi Covid-19 dan minimnya SDM yang mumpuni.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyebutkan, TPT di Kepri masih tinggi. Dari data yang ada per bulan Februari 2021, TPT di Kepri mencapai 10,12 persen.

"Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan TPT nasional yang ada dikisaran 6,26 persen," kata Ansar saat hadiri pelantikan ketua dan pengurus Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri Daerah (FKLPID), Jumat (5/11/2021) lalu.

Meski demikian, ia berharap kepada FKLPID mampu mengemban tugas dan fungsinya dengan baik. Agar nantinya bisa membantu menyiapkan tenaga kerja yang terlatih sekaligus siap ditempatkan ke industri yang membutuhkan.

“Dengan demikian, ini bagian dari upaya kita mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Sehingga perlahan, pengguran di Kepri bisa terus turun,” ujar dia.

Di kesempatan yang sama, Dirjen Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker RI, Budi Hartawan menjelaskan, salah satu tujuan dari didirikannnya forum tersebut memang untuk menjembatani antara dunia industri dengan BLK itu sendiri.

“FKPLID bisa membantu penyerapan lulusan BLK untuk ditempatkan dan diarahkan ke industri perusahaan yang membutuhkan. Atau dengan kata lain menjadi media penghubung,” katanya.

Keberadaan FKPLID, lanjut dia, juga akan membantu mempromosikan keberadaan BLK, mencarikan kebutuhan informasi tenaga kerja yang dibutuhkan, hingga memfasilitasi pelatihan tenaga kerja.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews