7 Menu Sarapan Ampuh Tingkatkan Mood di Pagi Hari

7 Menu Sarapan Ampuh Tingkatkan Mood di Pagi Hari

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sarapan sangat diperlukan untuk produksi energi. Tujuh bahan makanan ini bahkan diklaim dapat membantu produksi energi sekaligus bikin mood bahagia di pagi hari.

Jika sedang diet atau menurunkan berat badan, sarapan juga menjadi waktu makan yang paling penting. Hanya saja perlu pertimbangan dengan cermat untuk mengatur asupan kalori dan produksi energi yang seimbang.

Selain itu, sarapan juga dikaitkan dengan memicu perasaan yang lebih bahagia. Hal tersebut disebabkan oleh sarapan yang bisa menjaga kestabilan glukosa yang berdampak pada emosi yang lebih stabil.

Berikut ini 7 menu sarapan yang bantu produksi energi dan bikin bahagia menurut Vogue:

1. Kacang-kacangan

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, kacang-kacangan dinilai sebagai sumber bahan makanan nabati yang punya banyak fungsi. Kandungan protein yang tinggi tanpa diimbangi kadar indeks glikemik yang juga tinggi membuat kacang-kacangan dinilai cukup sehat.

Kadar indeks glikemik yang rendah membuat kacang-kacangan cenderung lebih aman untuk tingkat glukosa di dalam darah sehingga membuat emosi lebih stabil. Menu sarapan nabati yang kaya protein ini juga mengandung protein yang kaya yang cenderung dicerna dalam waktu yang lama sehingga memproduksi energi yang lebih panjang.

 

2. Pisang

Pisang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang begitu kaya. Pisang juga dilengkapi dengan berbagai kandungan gizi lainnya seperti potasium dan vitamin B6 yang ampuh untuk meningkatkan produksi energi dipagi hari.

Kandungan serat yang terdapat dalam pisang juga dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan glukosa. Bahkan pisang yang sudah sangat matang dinilai akan lebih memberikan energi yang bertahan lama karena patinya akan diubah menjadi energi di dalam tubuh.

3. Ubi Jalar

Tidak hanya berdampak pada produksi energi dan kesimbangan glukosa darah, ubi jalar juga bermanfaat baik untuk usus. Menu sarapan yang satu ini melepaskan gula ke dalam darah dengan sangat perlahan tetapi secara konstan memproduksi energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bahkan ubi jalar dinilai sebagai sumber energi yang paling baik diantara bahan makanan dengan kandungan pati lainnya. Kandungan magnesium yang juga terdapat dalam ubi jalar dinilai oleh Fernando, selaku ahli gizi, lebih baik untuk meredakan stres dan meningkatkan fokus.

4. Oatmeal

Menu sarapan yang populer ini ternyata tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan ternyata juga bermanfaat untuk mengendalikan perasaan dan membantu memproduksi energi. Karbohidrat kompleks yang ada di dalam oatmeal mampu melepaskan kandungan gulanya secara perlahan sehingga tidak akan menimbulkan lonjakan glukosa dalam darah yang cukup berbahaya dampaknya.

Kandungan beta-glukan yang ada di dalam oatmeal juga dinilai sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan membakar timbunan lemak di dalam tubuh. Kandungan seratnya yang padat juga ampuh untuk menjaga lapar hingga waktu makan siang tiba sehingga mencegah makan berlebih dan penumpukan kalori di dalam tubuh.

 

5. Bayam

Popularitas bayam sebagai bahan makanan yang dapat membantu produksi energi memang sudah cukup tinggi. Cara menikmati bayam saat sarapan bisa diolah menjadi pelengkap pada omelette atau sebagai bahan campuran dalam jus atau smoothie.

Bayam diketahui memiliki komponen gizi seperti vitamin C,folat dan zat besi. Ketiga komponen gizi tersebut diakui oleh para ahli menjadi nutrisi utama yang dibutuhkan untuk memproduksi energi.

6. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi serta lemak sehat yang sangat baik. Kombinasi antara protein dan lemak sehat ini membuat telur akan mampu memberikan energi yang maksimal dan menahan rasa lapar yang lebih panjang saat waktu sarapan.

Telur juga mengandung kolin yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan ketajaman berpikir. Telur dinilai sangat baik untuk menstimulasi perkembangan otak dan memperkuat energi sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama pada saat sarapan di pagi hari.

7. Teh Hijau

Punya manfaat yang luar biasa, teh hijau digadang-gadang menjadi minuman yang paling sempurna untuk menjadi salah satu menu sarapan. Kandungan katekin dan L-theanine yang ada di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus di pagi hari.

Teh hijau bahkan dinilai lebih baik daripada kopi karena tidak menimbulkan dampak kelebihan kafein bagi tubuh. Energi yang dihasilkan oleh secangkir teh hijau juga dinilai lebih stabil dan mampu bertahan lebih lama.

(ruz)