Jelang Operasi Zebra Seligi 2021, Kapolres Bintan: Hindari Pungli!

Jelang Operasi Zebra Seligi 2021, Kapolres Bintan: Hindari Pungli!

Kapolres Bintan ABKP Tidar Wulung Dahono mengecek kesiapan personel jelang Operasi Zebra Seligi 2021. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan, Batamnews - Operasi Zebra Seligi 2021 di wilayah hukum Polres Bintan, Kepulauan Riau akan digelar mulai Senin (15/11/2021) mendatang.

Sebagai persiapan, apel gelar pasukan yang dipimpin langsung Kapolres Bintan ABKP Tidar Wulung Dahono dihelat di Mapolres Bintan, Sabtu (13/11/2021).

Tidar mengatakan, berdasarkan amanat Kapolda Kepri yang antara lain berisikan bahwa provinsi ini berbatasan langsung dengan negara luar. 

Hal ini dapat menjadi pemicu penyebaran virus corona (covid-19) bsik melalui WNA maupun WNI yang keluar dan masuk Indonesia menggunakan transportasi laut dan udara.

Sehingga 6 kabupaten/kota di Kepri memenuhi syarat untuk melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 dan level 2.

"Kondisinya relatif terkendali namun pada prinsipnya kebijakan yang diberlakukan sama, aktivitas masyarakat tetap dilaksanakan namun tetap mengikuti protokol kesehatan," ujar Tidar.

Sesuai Amanat Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, patuh untuk kelancaran serta ketertiban berlalulintas, neningkatkan kwalitas patuh dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, membangun budaya tertib berlalulintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

"Berdasarkan Program Decade Of For Road Safety (DoA) atau dekade Aksi Patuh jalan yang telah dicanangkan oleh PBB. Tujuannya untuk mengurangi jumlah korban meninggal dunia pada tahun 2021 ini sebesar 50 persen," jelasnya.

Para penyelengara sistem terpadu yang tertuang dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) melalui 5 Pilar yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna Jalan yang berkeselamatan dan penanganan korban pasca Kecelakaan.

Kemudian pogram Nawacita Presiden RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa yang dijabarkan dengan 16 Program Prioritas Kapolri yaitu PRESISI (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi berkeadilan).

"Program tersebut tergambarkan melalui bulan tertib lalulintas secara tematik," katanya.

Tidar menekankan selama operasi utamakan faktor keamanan dan patuh dengan mempedomani Standar Operasional Prosedur (SOP). 

"Hindari tindakan pungli, dan laksanakan tugas Operasi Zebra dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat dengan tetap mempedomani prokes pada masa PPKM level 1 dan 2," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews