Antisipasi Banjir, Hal yang Perlu Dilakukan Biar Barang di Rumah Tetap Aman

Antisipasi Banjir, Hal yang Perlu Dilakukan Biar Barang di Rumah Tetap Aman

Banjir di kawasan Kavling Bida Kabil, Nongsa, Kota Batam. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Hujan lebat tengah melanda sejumlah daerah. Akibatnya di beberapa titik mengalami banjir. Dari banjir, memang kerap bisa merusak sejumlah barang di rumah di samping kerepotan membereskannya usai banjir surut.

Karenanya penting melakukan segala bentuk antisipasi, terlebih kalau daerahmu rentan terkena banji. Yakni mengamankan sejumlah barang-barang biar tetap aman.

Anda bisa melakukan sejumlah hal ini.

Membersihkan Saluran Air

Meski penyebab banjir bisa terjadi karena banyak hal, tetapi kita perlu memastikan saluran air di rumah bersih. Kalau mampet, maka bisa membuat banjir semakin parah.

Mengamankan Dokumen Penting

Meliputi ijazah, surat kepemilikan, akta kelahiran, surat keterangan penting lainnya, di dalam plastik, lalu meletakkannya di tempat yang aman dari banjir. Di dalam lemari, bagian atas misalnya.

Mengamankan Barang Elektronik

Selanjutnya, mengutip laman CNN, anda perlu memindahkan barang elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Pasalnya akan mudah rusak hingga memicu korsleting listrik bila terendam air.

Anda bisa meletakkan kulkas, TV, mesin cuci, dan sebagainya. di lantai 2 rumah misalnya. Jangan lupa, cabut semua peralatan elektronik yang tersambung dengan listrik.

Menyimpan Barang-barang Berharga

Anda juga harus menyimpan sejumlah barang berharga lainnya seperti uang dan perhiasan di tempat yang aman dan tinggi, pasalnya barang-barang ini mudah hanyut bila ditaruh sembarangan.

 

Parkirkan Kendaraan di Tempat Tinggi

Yang tak kalah penting adalah memarkirkan kendaraan di tempat yang lebih tinggi. Kalau  tinggal di apartemen, hindari memarkirkan di basement.

Persediaan Makanan

Selain mengamankan barang, anda dan keluarga juga sangat penting untuk tetap aman selama banjir. Sebaiknya menyetok makanan untuk beberapa hari ke depan seperti beras, telur, dan mi instan.

Penting sekali untuk mengantisipasi bila banjir mengepung rumah dan anda sulit untuk ke mana-mana.

Siap Sedia Tas Darurat

Anda juga perlu siap sedia tas darurat yang tersedia kapan saja dan di mana saja, berisi peralatan P3K, senter, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsa obat-obatan secara berkala.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews