Andai Saja Vanessa Angel Pakai Safety Belt

Andai Saja Vanessa Angel Pakai Safety Belt

Vanessa Angle terlempar ke luar mobil saat terjadi kecelakaan. (Foto; ist)

Jakarta, Batamnews - Vanessa Angel meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di ruas Tol Jombang Km 672, Kamis (4/11/2021). Polisi menyebut, Vanessa Angel terlempar ke luar mobil.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur Kombes Latif Usman mengatakan Vanessa Angel kemungkinan besar tidak memakai sabuk pengaman sehingga tubuhnya terlempar.

Baca juga: Vanessa Angel dan Bibi Dimakamkan Satu Liang Lahad

"Kemungkinan dia tidak memakai sabuk pengaman karena terlempar keluar," kata Latif via detikom, Kamis (4/11/2021).

Vanessa Angel berada di jok belakang bagian kiri. Sementara suaminya berada di jok depan samping sopir. Kondisi Bibi tewas terjepit kendaraan. Bibi sendiri memakai sabuk pengaman.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menegaskan safety belt wajib dipakai oleh semua penghuni mobil, tak cuma pengemudi dan penumpang depan.

"Safety belt ini kan memang sudah disediakan sama kendaraannya. Kita beli mobil itu kan beli fitur-fitur juga. Kalau fiturnya ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal, terus buat apa kita beli mahal-mahal," kata Sony, Kamis (4/11/2021).

"Nggak cuma gengsi, tapi fitur yang sudah ada harus dilihat dan dimanfaatkan," tegasnya.

Baca juga: Kondisi Terkini Anak Vanessa Angel Pasca Kecelakaan, Luka-luka hingga Lebam

Berdasarkan keterangan polisi, Vanessa Angel terlempar keluar mobil kemungkinan karena tidak menggunakan safety belt. Sony menyebut, jika menggunakan safety belt, dia yakin Vanessa Angel tidak terlempar.

"Kalau pakai safety belt saya yakin dia nggak keluar. Jadi fitur-fitur itu benar-benar dipakai sesuai dengan jumlah penumpangnya," ucapnya.

"Anak kecil itu wajib duduk di children seat. Kemudian semua penumpang harus menggunakan safety belt tanpa terkecuali. Dan posisinya harus dalam posisi duduk sekalipun dia tidur atau capek," sebut Sony.

(fox)