Tak Terpengaruh Krisis, Kawasan Industri BIE Lobam Serap 6.200 Pekerja

Tak Terpengaruh Krisis, Kawasan Industri BIE Lobam Serap 6.200 Pekerja

Ilustrasi. (Foto: Suara.com)

Bintan, Batamnews - Rekrutmen tenaga kerja, khususnya lokal, terus dijalankan oleh perusahaan-perusahaan yang berada di Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) Lobam, Bintan, Kepulauan Riau.

Serapan tenaga kerja di kawasan industri itu cukup tinggi, setidaknya mencapai 6.200 orang dalam empat tahun terakhir.

General Manager (GM) PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Aditya Laksamana, mengatakan jumlah tenaga kerja di Kawasan BIE terus mengalami kenaikan sejak 2018. 

Dari 4.100 orang yang bekerja di berbagai perusahaan kini jumlah pekerja sudah 6.200 orang.

"Dalam 4 tahun yaitu 2018-2021 jumlah tenaga kerja di kawasan ini naik 2.100 orang," ujar Aditya, belum lama ini.

Serapan tenaga kerja itu terjadi karena banyaknya perusahaan yang ekspansi. Di saat itu perang dagang antara Cina dan Amerika semakin memanas dan berdampak sampai ke kawasan ini sehingga ada beberapa investor yang mengembangkan usahanya ke kawasan BIR.

Kemudian pandemi Covid-19 yaitu 2020-2021. Di masa itu sangat berdampak kepada sektor pariwisata namun sektor industri tidak berdampak apapun. 

Melainkan terjadi peningkatan aktivitas sehingga banyak perusahaan-perusahaan yang berekspansi. Diantaranya menambah gedung baru seperti yang dilakukan PT Bionesia Organic Foods (BOF). Kemudian juga ada perusahaan yang menambah kapasitas produksi, dan menambah mesin.

"Dengan adanya tambahan kapasitas produksi, mesin dan gedung baru maka mereka juga butuh tambahan tenaga kerja," katanya.

Tenaga kerja dari sektor pariwisata juga banyak yang melamar untuk bekerja  seperti dari Kawasan Pariwisata Lagoi. Kemudian juga putra dan putri daerah ikut berpartisipasi memajukan industri.

Agar para pekerja lokal dapat bersaing untuk bekerja disini. Pihaknya telah menyediakan lembaga pelatihan kerja (LPK) Bintan Cakrawala. Disinilah mereka bisa terus mengasah ilmu dan keterampilannya sehingga memiliki keahlian yang lebih baik.

"Bagi pekerja yang ingin terus belajar agar keahliannya lebih baik lagi bisa belajar di LPK Bintan Cakrawala. Mereka bisa belajar usai pulang dari kerja," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews