Kapolres Karimun Pamer Alat SAR Canggih di Apel Siaga Bencana

Kapolres Karimun Pamer Alat SAR Canggih di Apel Siaga Bencana

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyaksikan alat SAR terbaru milik Polres Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Momen apel penanggulangan bencana, dimanfaatkan Polres Karimun memamerkan alat bantu SAR terbaru, Rabu (27/10/2021).

Adalah peralatan canggih yang masuk dalam kategori khusus remote control life saver U-Safe atau pelampung remote kontrol berbentuk U.

"Kami dari Polres Karimun juga memperkenalkan alat SAR dengan remote kontrol (u-Safe)," ujar Kapolres Karimun, AKBP Tony Pantano.

Alat tersebut diyakini dapat membantu dalam penyelamatan korban tenggelam. u-Safe dapat dioperasikan hingga jarak 500 meter yang dikendalikan menggunakan remote kontrol.

Bahkan, u-Safe tersebut juga dapat melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi, karena dilengkapi dua mesin turbo.

"Alat ini kita dapatkan dari Direktorat Polairud Polda Kepri," ujar Tony.

Selain u-Safe, Polda Kepri juga memberikan bantuan berupa 1 unit Raberboat dan 1 unit RIB SAR yang juga untuk mendukung kegiatan operasi SAR.

Sementara itu, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan bahwa, Pemda bersama jajaran TNI-Polri, Basarnas dan instasi terkait lainnya mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kondisi.

"Karena kondisi ini kan kita tidak bisa baca. namun, kita lakukan persiapan dan antisipasi," ujar Anwar.

Maka, dengan dilakukannya apel bersama tersebut, dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi bencana.

"Mudah-mudahan dengan dilakukannya apel bersama seluruh stakeholder terkait, lebih percaya diri untuk menghadapi jika terjadinya bencana alam nantinya. Tapi semoga kita tidak ada terjadi bencana," ujarnya.

(aha)