Dihantam Ombak, Dua Nelayan Anambas Terdampar di Pulau Penjalin

Dihantam Ombak, Dua Nelayan Anambas Terdampar di Pulau Penjalin

Tim SAR berhasil mengevakuasi dua nelayan Anambas terdampar di Pulau Penjalin (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Dua orang nelayan asal Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dikabarkan hanyut dihantam ombak. Beruntung keduanya ditemukan selamat, Selasa (26/10/2021).

Awalnya, kedua nelayan hendak pergi memancing. Namun, dikarenakan cuaca yang tiba-tiba memburuk, kapal berukuran 2 gross ton yang mereka gunakan dihempas ombak hingga terdampar ke Pulau Penjalin, Anambas,

Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) SAR Natuna yang menerima informasi itu langsung melakukan proses pencarian dan evakuasi terhadap dua nelayan tersebut. Berdasarkan laporan, kapal itu dikemudikan Zainuddin (pemilik kapal) dan Agus sebagai ABK.

Baca juga: Kapal 'Sapu Jagad 'KM Bukit Raya Kembali Berlayar ke Kepri

"Kronologis kejadian sendiri bermula ketika informasi kecelakaan kapal diterima oleh Petugas Siaga Komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna pada Selasa (26/10/2021) melalui Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Anambas," kata Kepala KPP SAR Natuna, Mexianus Bekabel.

Sebelumnya, laporan kecelakaan kapal ini di laporkan Kepala Desa Siantan Timur, Sabli kepada Koordinator Pos SAR Anambas bahwa pada Selasa (26/10/2021) sekitar pukul 04.30 WIB, telah terjadi kecelakaan kapal nelayan dengan POB (Person On Boat) 2 orang.

Mereka berdua sedang mencari ikan dan dihantam ombak yang menyebabkan kapal terdampar di Pulau Penjalin.

"Korban kemudian kita evakuasi ke Desa Dusun, Kecamatan Siantan Timur. Sementara kapal yang terdampar di evakuasi dengan cara di tarik dengan kapal nelayan lainnya," pungkas Mexi.

(Yan)