Perjuangan Damkar Natuna Musnahkan Sarang Tawon Sebesar Bola Basket

Perjuangan Damkar Natuna Musnahkan Sarang Tawon Sebesar Bola Basket

Disdamkar Natuna mengevakuasi sarang tawon di dekat pemukiman warga (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), berhasil mengevakuasi sarang tawon vespa yang berada di dekat rumah warga Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur.

Evakuasi sarang tawon tersebut karena sudah menyerang salah satu pemilik rumah dan dianggap meresahkan penghuni rumah serta warga sekitar.

"Karena posisinya di atas batang pohon, sehingga kami sempat kesulitan untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut," kata Kepala Disdamkar Natuna, Syawal melalui Kepala Seksi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Bidang Penanggulangan Bencana, Elkadar, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Maling Beraksi di Samping Kamar Mayat, RSUD Natuna Rugi Rp 95 Juta

Petugas, terpaksa melakukan evakuasi menggunakan bambu disertai api untuk menggapai sarang tawon tersebut.

"Cukup sulit karena tingginya lokasi dan ada kabel PLN disekitarnya" ucap Elkadar.

Proses evakuasi sempat mengalami kesulitan, namun setelah bisa menggapai sarang tawon, petugas kemudian mengevakuasi sarang tawon menggunakan api untuk dibakar karena lokasi sarang tawon yang berada di tempat tinggi dan terhalang.

Tak berselang lama, terlihat beberapa ekor lebah berukuran besar dengan warna hitam pekat keluar dari sarangnya. Petugas TRC Damkar dengan memakai sarung tangan serta masker wajah pada akhirnya perlahan berhasil mengevakuasi sarang tawon tersebut.

(Yan)