Natuna Terima Penghargaan APE dari Kementerian PPPA

Natuna Terima Penghargaan APE dari Kementerian PPPA

Bupati Natuna, Wan Siswandi

Natuna, Batamnews - Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak (PPPA), Selasa (28/9/21). 

APE sendiri merupakan penghargaan yang  diberikan kepada kementrian kepada pemerintah daerah yang  dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan  gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta  memenuhi kebutuhan anak.

Bupati Natuna, Wan Siswandi ketika menerima penghargaan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi penyelenggaraan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini.

"Sebagai salah satu bentuk  nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender,  pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah," ungkap Wan Siswandi 

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan  peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam  upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi  pengarusutamaan gender (PUG).

Saat ini, kata Wan Siswandi, Pemda Natuna telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai dengan amanat presiden no 9 tahun 2000 yang  merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.
 
Ini semua merupakan bentuk keberhasilan kabupaten Natuna dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

"Sehingga pada pelaksanaanya, Kabupaten Natuna mengangkat critical issue  dalam program PUG," terangnya. 

Diantaranya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan  penganggaran yang berperspektif gender. Serta mengawal kesepakatan  pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya (melaksanakan)  strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.


 “Alhamdulillah, Kabupaten Natuna telah menerima penghargaan  Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Utama tahun 2021. Semoga upaya  kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi  diberbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan Penghargaan ini harus dipertahankan dan di tingkatkan,” ujar Bupati Wan Siswandi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna, Sri Riawati mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada  pemerintah daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan  Pengarusutamaan Gender (PUG) di kabupaten atau kota nantinya diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar-benar memiliki potensi di berbagai bidang  pembangunan.
 
“Dengan diterimanya penghargaan APE kategori Utama semakin  meningkatkan motivasi kerja kami terutama pokja PUG. Dan kami akan  mengadvokasi lembaga masyarakat, dunia usaha dan media untuk berpartisipasi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sehingga APE di tahun mendatang bisa kami peroleh dengan kategori utama sesuai target di dalam RPJMD tahun 2021 sampai tahun 2026," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews