Disnaker Batam Siapkan Wadah Khusus Bagi Calon Pencaker

Disnaker Batam Siapkan Wadah Khusus Bagi Calon Pencaker

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam kembali mengadakan beragam pelatihan kerja tahun depan. Para peserta yang lulus pelatihan nantinya akan direkomendasikan ke perusahaan yang membutuhkan.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, sejauh ini mereka masih menyusun rencana mengenai pelaksanaan pelatihan kerja untuk di Tahun 2022. "Nanti di 2022, banyak pelatihan kerja yang kita gelar," kata Rudi, Kamis (21/10/2021).

Hal tersebut tentunya menjadi tanda kebangkitan perekonomian seiring bergeliatnya sektor industri di Batam. Dimana, perusahaan sejauh ini telah banyak membuka lowongan pekerjaan.

Rudi menambahkan, para pencari kerja yang sudah lulus dalam pelatihan akan diberikan wadah khusus. Tujuannya agar mempermudah perekrutan calon pekerja bagi tiap-tiap perusahaan.

"Nanti, calon pencari kerja yang sudah lulus dalam pelatihan akan kita kumpulkan dalam satu wadah, semacam bank data. Gunanya untuk mempermudah mereka (calon pencaker) dalam mencari pekerjaan. Nanti calon pekerja ini akan kita rekomendasikan ke perusahaan yang membutuhkan," ujarnya.

Syamsudin, salah seorang warga Bengkong Indah, Batam mengaku antusias mengikuti pelatihan di tahun mendatang. 

"Kalau ada pelatihan kita bisa mengikuti. Entah itu pelatihan untuk welder atau yang lainnya. Dengan begitu kita punya sertifikat berkompeten yang siap untuk kerja, sebab perusahaan maunya orang yang punya keahlian," ujar mantan pekerja galangan kapal itu.

Dia harap semua yang diwacanakan oleh pemerintah terealisasi. Semakin banyak pelatihan kerja maka semakin minim pengangguran di Batam.

"Memang betul, perusahaan sudah mulai membuka lowongan. Tapi bagi orang-orang yang tak punya keahlian, kan susah juga. Perusahaan maunya orang yang siap kerja, artinya punya keahlian. Jadi kalau ada pelatihan-pelatihan setidaknya bisa membantu kita," kata dia. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews