Disnaker Batam Rekrut Pencaker untuk Magang ke Jepang

Disnaker Batam Rekrut Pencaker untuk Magang ke Jepang

Ilustrasi pekerja magang ke Jepang. (Foto: ilustrasi)

Batam - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam menargetkan 30 orang pemagang bisa berangkat ke Jepang. Hal ini sesuai dengan permintaan Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker). 

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan bila peserta sudah tersedia, Kemenaker siap untuk memberikan pelatihan selama dua bulan.

"Kementerian tak targetkan berapa orang. Tapi kami harap minimal 30 orang bisa lulus seleksi. Supaya jadi satu grup, dan bisa Kementerian latih di Batam. Kalau kurang, pelatihannya harus dititip ke mana-mana," ujar Rudi di Batam Centre, Senin (28/1/2019)

Rudi mengatakan proses seleksi rekrutmen dilakukan oleh pihaknya. Karena itu ia sudah coba memasukkan anggaran perekrutan magang Jepang ini di APBD 2019.

Proses seleksi, menurut Rudi, cukup sulit. Tak hanya materi atau pengetahuan tapi juga fisik. Karena sistem kerja di Jepang yang menuntut kedisplinan, fisik yang sehat jadi salah satu persyaratan.

"Yang berat tes fisik dan matematika. Jepang itu terkenal dengan kedisiplinannya. Maka fisik harus kuat. Lari angka delapan juga masuk dalam tesnya," kata dia.

Rudi mengatakan program magang di Jepang ini sudah berlangsung lama. Namun tahun ini pertama kalinya rekrutmen dilakukan langsung di Batam.

"Kebetulan di sini sudah ada Ikatan Alumninya. Bahkan dari angkatan pertama tahun 1993 ada di sini. Mereka juga akan bantu sosialisasi,"  jelasnya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews