https://www.batamnews.co.id

Pelatihan Kerja di Disnaker Batam

Pelatihan HRD Paling Diminati Pencari Kerja di Batam

Sejumlah pencaker meregistrasi kepesertaan pelatihan bagi mereka yang digelar oleh Disnaker Batam. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Animo pencari kerja (pencaker) mengikuti program pelatihan kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam cukup tinggi. Terbukti, ada ratusan calon peserta yang registrasi pada Jumat (18/1/2019).

Sedikitnya ada 700 pencaker yang registrasi. Mereka sudah mendaftar program pelatihan itu pada tanggal 12-13 Januari 2019 kemarin di SMPN 3 Sekupang.

Staf kegiatan pelatihan pencaker dan peningkatan Disnaker Batam, Suryati mengungkapkan pelatihan ini akan ditangani langsung Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang berkompeten.

“Karena untuk peningkatan kami bukan ahlinya. Kalau pencaker kan sifatnya umum, jadi yang menguji adalah Disnaker,” ujar Suryati.

Lanjut Yati untuk pendaftaran ulang pencaker ini dilakukan dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Namun apabila ada pencaker yang masih belum melakukan pendaftaran ulang setelah pukul 15.00 WIB, Yati mengatakan tetap akan melakukan pelayanan hingga selesai.

“Soalnya ini hari terakhir. Kalau mereka tetap tidak kabar, kita akan mencoba menelepon mereka, kita tangani,” kata Yati.

Untuk jumlah peserta pelatihan pencaker, Yati menyebutkan ada sekitar 936 orang yang nantinya akan terdaftar ikut serta.

Dari 936 orang pencaker itu, pelatihan di bidang Human Resource Department (HRD) yang paling banyak di minati.

Yati mencatat, hingga siang tadi sudah ada sekitar 131 orang yang mendaftar di sana.

Sedangkan untuk pelatihan peningkatan, data sementara ada di pelatihan Dasar K3 Muda sebanyak 172 orang.

Untuk pelatihan nantinya akan dilakukan selama tiga bulan, dari bulan Februari hingga Juni 2019.

Adapun jadwal pelatihan bagi pencaker untuk rencana pelatihan bulan februari 2019 yaitu ada Scaffolding, autocad muda, tata rias salon kecantikan,bahasa inggris manufacture, menjahit garmen, rigger, motor roda dua, keselamatan kerja madya, front office dan HRD pariwisata.

Untuk pelatihan bulan Maret 2019 adalah tata rias kecantikan rambut, menjahit, bahasa Inggris pariwisata, house keeping, teknik komputer, autocad madya, operator mobile crane dan dasar K3 muda.

Lalu rencana pelatihan bulan April 2019 yaitu teknik pendingin, accounting level 1,welder dasar, hydroponik, SPG, akuntansi myob, pipe fitter, jasa boga, food dan beverage serta operator komputer.

Seterusnya di bulan Juni 2019, rencana pelatihan di bidang security dan electrical tecnician.

Sedangkan untuk pelatihan welder 3/4 G (kapal pesiar) dan bahasa Jepang belum ada jadwal pelatihannya. Karena pelatihan ini khusus dan pesertanya sudah terampil dan punya pengalaman.

"Jadi nanti untuk jadwalnya akan diinformasikan kepada peserta yang lulus nanti," ucap Yati.

(ude)