Sepekan Usai Lebaran, Pencari Kerja di CC Batamindo Masih Sepi

Sepekan Usai Lebaran, Pencari Kerja di CC Batamindo Masih Sepi

Segelintir pencari kerja yang mencoba mencari informasi lowongan di CC Batamindo, Mukakuning. (Foto: Diah/batamnews)

Batam - Berburu lowongan kerja biasanya sering terjadi usai lebaran. Sebagai kota industri, Batam masih menjadi primadona sekaligus tujuan utama untuk mencari kerja.

Namun, sepekan usai lebaran berlalu, antrean pencari kerja belum juga terlihat. Setidaknya ini tampak di Community Centre (CC) Batamindo, Mukakuning, Rabu (12/6/2019).

Petugas di CC Batamindo, Julianto mengatakan, lokasi tersebut memang mulai kembali didatangi pencaker sejak hari Senin, saat hari pertama masuk kerja usai cuti bersama lebaran. 

"Memang banyak yang datang ke sini, biasalah habis lebaran, tapi yang datang bergantian tak barengan gitu, jadi tak begitu ramai," katanya. 

Kondisi CC yang masih terbilang normal ini, diperkirakan karena banyak siswa-siswi SMA yang lulus belum menerima ijazah sebagai bekal mendaftar bekerja. 

"Biasanya kalau habis lebaran ini yang memenuhi anak-anak baru lulus, yang mungkin di sini puncak ramainya usai penerimaan ijazah," ujarnya. 

Pencaker yang selama tiga hari ini rutin hadir di CC ini sebagian adalah masyarakat lama, dan ada pula pendatang baru, yang datang bersama saudaranya. 

Salah satu pencaker adalah Sila asal Nias, yang ikut saudaranya mencari peruntungan di Batam, setelah satu tahun menganggur di kampung halaman. 

"Saya baru saja, kemari bersama kakak, yang ingin coba cari kerja di Batam siapa tahu beruntung. Namun sampai hari ini belum juga dapat, yah namanya baru 3 hari mencari," tuturnya. 

Walaupun begitu Sila mengaku masih semangat untuk terus mencoba peruntungannya di kota ini. 

"Ya masihlah, apalagi banyak kabar, katanya habis lebaran banyak lowongan dibuka di sini," ucapnya. 

Begitupun Roni, warga Batam yang belum juga beruntung memperoleh pekerjaan hingga saat ini. Dia masih semangat untuk mencoba peruntungannya pasca lebaran.

"Cari kerja sekarang susah, banyak PT yang udah mengurangi jumlah karyawan. Saya aja bukan hanya habis lebaran ini disini, bahkan dari sebelumnya. Tapi masih belum dapat juga, padahal udah tiap hari datang ke sini," katanya. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews