Mulai Hari Ini, Malaysia Izinkan Warga Bepergian ke Antarnegara Bagian

Mulai Hari Ini, Malaysia Izinkan Warga Bepergian ke Antarnegara Bagian

Ilustrasi. (Foto: Batamnews)

Kuala Lumpur, Batamnews - Pemerintah Malaysia mengakhiri larangan bepergian ke antarnegara bagian bagi warganya setelah 9 bulan kebijakan tersebut diberlakukan.

Perdana Menteri Malaysia, Datok Ismail Sabri mengatakan pembukaan perbatasan menjadi penanda diperbolehkannya warga Negeri Jiran itu bepergian ke antarnegara bagian mulai hari ini, Senin (11/10/2021).

Langkah untuk mengizinkan perjalanan antarnegara bagian lagi adalah karena 90% dari populasi orang dewasa Malaysia telah divaksinasi lengkap.

Ismail menjelaskan bahwa hanya orang yang divaksinasi lengkap yang diizinkan melintasi negara bagian. PDRM akan melakukan pemeriksaan acak pada MySejahtera individu untuk melihat apakah mereka telah divaksinasi lengkap di area R&R.

Dalam serangkaian tweet pada 6 Oktober, Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan bahwa mereka yang berada dalam pengaturan kontak & mobilitas tinggi harus melakukan tes secara teratur jika mereka ingin kembali kampung untuk melihat orang tua mereka yang sudah lanjut usia agar mereka tetap aman.

Selain itu, menteri mengatakan tidak akan ada lagi penghalang jalan besar-besaran di tahap endemik.

Namun, masih akan ada pemeriksaan kepatuhan SOP acak di restoran & tempat oleh PDRM.

(gea)