Viral di Twitter, Perampok di Malaysia Menyamar sebagai Pengantar Paket

Viral di Twitter, Perampok di Malaysia Menyamar sebagai Pengantar Paket

Ilustrasi.

Sarawak, Batamnews - Modus baru perampokan bermunculan di Kuching, Sarawak, Malaysia. Perampok menyamar menjadi pengantar paket sebelum menjarah harta korban.

Akun Twitter milik KEN @ruffleseed menyebutkan sudah ada dua kasus perampokan di lingkungannya di Kuching. Wanita dan orang tua yang tinggal sendirian menjadi target perampokan.

“Sudah dua kasus di rukun tetangga saya. Penipu pengiriman paket mengunjungi rumah, terutama wanita dengan anak-anak atau orang tua yang sendirian," tulisnya dilansir World of Buzz, Jumat (1/10/2021). 

Para perampok ini, lanjutnya, akan mengajukan pertanyaan seperti, 'Tidak ada nama di paket ini, apakah itu milikmu? Ada orang lain di rumah? Itu barang yang berat, apakah Anda punya orang di rumah untuk membantu?'”

Garong ini menyamar sambil mengamati situasi rumah. Jika dinilai memungkinkan, mereka akan kembali lagi ke target korban bersama dengan komplotannya.

“Mereka memanfaatkan situasi saat ini di mana petugas pengiriman bekerja paruh waktu dan tidak mengenakan seragam,” tambah Ken.

Oleh karena itu, korban yang paling potensial dapat lakukan ketika menghadapi situasi ini adalah berbohong dan memberi tahu 'pengantar' ini tentang situasi rumah mereka.

“Tolong ingatkan pasangan atau orang tua Anda untuk berpura-pura ada seseorang di rumah sepanjang waktu. ‘Suami/anak saya sedang tidur’, ketika ditanya. Atau 'suami/anak saya sedang dalam perjalanan pulang, bisakah Anda menunggu?' untuk membuangnya,” saran Ken.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews