Wow, Gaji 2 Juta pun Ternyata Bisa Investasi. Begini Caranya

Wow, Gaji 2 Juta pun Ternyata Bisa Investasi. Begini Caranya

Ilustrasi: Keuanganblogekstra


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Berinvestasi itu ternyata tak sesulit yang dikira. Secara teori, melakukan investasi itu yang penting adalah niat. Jika memang beniat investasi, orang dengan gaji 2 juta per bulan pun bisa melakukannya.

"Paling penting adalah alokasikan 10-15%. Saran saya 15%. Jadi kalau penghasilannya Rp 3 juta maka alokasikan Rp 300-450 ribu. Lalu kita bertahan hidup dengan gaji dua koma sekian juta. Kalau itu dilakukan dengan benar dan bisa menghemat pengeluaran yang tidak penting, itu kita akan bisa berinvestasi," jelas Aidil Akbar, perencana keuangan, seperti dilansir dari detik, Rabu (28/10/2015).

Aidil mengatakan, langkah pertama dalam melakukan investasi adalah fokus pada tujuan. Dari situ kemudian ditentukan besarnya dana investasi yang dibutuhkan.

"Lebih baik kita melihat tujuan kita mau punya uang berapa. Dari situ baru kita sesuaikan dengan waktu yang ada kita harus sisihkan uang berapa setiap bulannya. Dengan cara seperti itu akan memaksa kita untuk berinvestasi. Kalau gaji kita Rp 2 juta, Rp 3 juta, Rp 4 juta nanti nunggu ada sisanya maka setiap bulan nggak akan ada sisanya," kata Aidil.

Aidil mengaku paling sering mendapat pertanyaan, lalu setelah alokasi dana ketemu, investasi apa yang paling bagus?

"Paling bagus adalah investasi yang dilakukan. Banyak orang yang bertanya dan bertanya tapi tidak melakukan. Lebih baik memulai dengan nominal kecil Rp 100 ribu, Rp 200 ribu tapi dimulai daripada nggak sama sekali," lanjutnya.

Bayangan uang yang akan Anda dapat bisa menjadi motivasi menyisihkan dana tiap bulannya. Perlu diingat, meski investasi bisa mendatangkan return cukup tinggi, namun ada kalanya Anda bisa rugi.

"Makanya saya tunjukkan dengan perkembangan IHSG itu ada naik turunnya. Supaya investor melihat ada sisi rugi atau jatuhnya. Ketika kita berinvestasi, tidak melihat pergerakan harian atau bulanan tapi melihat ke trennya bahwa investasi jangka panjang itu selalu naik," ujarnya.

[rul]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews