Enam Tips Agar Laptop Tahan Lama

Enam Tips Agar Laptop Tahan Lama

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Anda tentu tak ingin laptop kesayangan Anda hanya bertahan selama satu atau dua tahun dan terpaksa membeli laptop baru. Belum lagi jika data-data Anda lenyap bersama dengan laptop yang rusak.

Agar hal itu tidak terjadi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Tips yang dirangkum dari Lapteck berikut ini akan membantu laptop Anda hidup lebih lama dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan kesalahan dalam penggunaan.

Berhati-hati mamasang charger

Anda mungkin tengah sibuk mengedit dokumen penting ketika tiba-tiba muncul kotak yang mengatakan baterai laptop Anda akan habis dalam beberapa menit. Anda akhirnya beranjak dari tempat dan terburu-buru menghubungkan charger.

Namun waspadalah, tidak berhati-hati dalam mencolokkan kabel charger dapat berakibat buruk. Misalnya, terlalu kencang saat mencolokkan kabel dapat merusak bagian yang terhubung dengan motherboard. Hal ini bisa menyebabkan charger cepat panas dan akhirnya berdampak pada motherboard bahkan dapat menyebabkan motherboard terbakar.

Jadi, berhati-hatilah saat mencolokkan kabel. Jika port charger terasa longgar, Anda dapat membawanya ke tempat servis resmi. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan charger asli.

Gunakan alas keras untuk laptop

Menggunakan laptop di atas kasur atau bantal dapat menutupi ventilasi di bagian bawah laptop. Hasilnya laptop pun menjadi lebih cepat panas karena tak ada jalan untuk keluar masuk udara. Gunakanlah alas berbahan keras seperti buku, papan jalan, atau meja portable agar ada celah antara laptop dan alas untuk aliran udara.

Tidak makan atau minum sambil menggunakan laptop
 
Makan sambil tetap menggunakan laptop mungkin dapat menghemat waktu atau menyenangkan. Tapi kebiasaan ini dapat berakibat buruk pada laptop. Misalnya ketika minuman yang Anda minum tanpa sengaja jatuh dan membasahi laptop. Terlebih jika minuman atau makanan dalam keadaan panas atau dingin. Ini tentu dapat merusak laptop.

Bersihkan layar dengan benar

Menjaga kebersihan laptop dapat membantu agar laptop lebih awet. Bersihkan layar laptop secara teratur. Jangan menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak layar. Gunakanlah tisu yang dibasahi sedikit air untuk mengusap bagian layar secara perlahan. Setelah itu keringkan menggunakan tisu kering.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews