BPS Kepri Luncurkan Aplikasi Warung Gurindam, Cek Fungsinya!

BPS Kepri Luncurkan Aplikasi Warung Gurindam, Cek Fungsinya!

Aplikasi Warung Gurindam BPS Kepri. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Badan Pusat Statitik (BPS) Kepulauan Riau meluncurkan aplikasi Warung Gurindam. Hal ini untuk memudahkan masyarakat luas mendapatkan data yang diperlukan. 

Kepala BPS Kepri, Agung Sudibyo mengatakan peluncuran Warung Gurindam untuk mendekatkan mereka kepada para pengguna atau pengunjung lama mereka untuk memperoleh data. 

“Jadi bukan user (pengguna) yang mendekat kepada kami, tetapi sebaliknya, kami yang mendekat kepada mereka,” kata Agung di Batam, Kamis (7/10/2021). 

Ia menjelaskan Warung Gurindam sudah sangat memberikan kemudahan, karena tidak perlu lagi masuk ke menu-menu di laman milik BPS Kepri. 

Cukup hanya dengan diakses di Warung Gurindam. “Jadi sekali klik bisa mendownload publikasi yang banyak secara gratis,” katanya. 

Tidak hanya akses untuk memperoleh data, melalui Warung Gurindam para user juga dapat konsultasi dengan petugas BPS secara virtual dan tetap direspon dengan cepat, layaknya saat tatap muka.

“Memang secara virtual, tapi pada saat konsultasi, langsung saat itu juga dijawab, kami buka layanannya melalui Whatsapp,” jelasnya. 

Agung menyebutkan, Warung Gurindam merupakan sejenis layanan pojok secara virtual. Namun pihaknya kemudian mencoba inovasi dengan memberikan nama Warung Gurindam. 

Nama tersebut dipilih untuk kearifan lokal, karena Kepri dikenal sebagai daerah gurindam . Kemudian nama warung diambil untuk supaya lebih dekat dengan user atau pengguna.

“Kalau di warung kita bisa leluasa, contohnya bisa angkat kaki, jadi bukan pojok,” katanya. 

Saat ini Warung Gurindam bisa diakses di https://gurindam.bpskepri.com/

Ke depan aplikasi tersebut tidak hanya diakses di laman, tetapi juga bisa diakses di aplikasi android BPS Kepri yaitu Data Kepri. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews