Industri Manufaktur di Batam Mulai Bangkit

Industri Manufaktur di Batam Mulai Bangkit

Industri Manufaktur. (Foto: ilustrasi)

Batam, Batamnews - Penurunan status PPKM di Kepri tentunya sangat diharapkan oleh seluruh kalangan. Termasuk juga bagi para pengusaha.

Saat ini merupakan momen bagi industri manufaktur di Batam untuk kembali bangkit. Selain karena penurunan status PPKM ke level 1 di Kepri, juga melandainya kasus Covid-19 di Batam.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam, Rafki Rasyid mengatakan, sebelumnya indeks manufaktur di Indonesia turun di bawah 50 persen.

Berdasarkan Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Juli - Agustus lalu berada di bawah angka 50. Artinya sudah terjadi kontraksi.

"Jika indeks manufaktur di bawah angka 50 berarti sudah terjadi kontraksi. Tapi jika di atas 50 sedang terjadi ekspansi," kata Rafki, Rabu (6/10/2021).

Ia memproyeksikan indeks manufaktur akan mengalami peningkatan, mengingat adanya kelonggaran dari kondisi daerah saat ini.

"Ketika ada kelonggaran, kita harap indeks manufaktur kembali meningkat sehingga bisa kembali menata ekonomi yang lebih baik lagi terutama di Batam," ujarnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews