Perusahaan Internet Gugat Netflix Dipicu Serial Squid Game

Perusahaan Internet Gugat Netflix Dipicu Serial Squid Game

Squid Game. (Foto: ist)

Seoul, Batamnews - Penyedia layanan internet di Korea Selatan menggugat Netflix karena salah satu seri orisinal terbarunya, Squid Game telah menyebabkan lonjakan lalu lintas bandwidth yang luar biasa di negara tersebut. 

Seperti dilansir Reuters, peningkatan penggunaan bandwidth yang tinggi terjadi karena terlalu banyak orang yang streaming serial populer sehingga menyebabkan perusahaan bernama SK Broadband menghabiskan lebih banyak untuk pekerjaan pemeliharaan dan peningkatan lalu lintas jaringan.

Perusahaan saat ini sedang mengejar keputusan pengadilan agar Netflix membayar biaya pekerjaan pemeliharaan. 

Faktanya, karena serial hit dan acara lainnya yang dialirkan dari platform tersebut, Netflix mencatat 1,2 triliun bit data per detik per September dari SK Broadband saja, 24 kali lebih banyak dari pada Mei 2018! 

Saat ini, Netflix adalah penghasil lalu lintas data terbesar kedua di Korea Selatan setelah Google Youtube.

Namun, baik Google dan Netflix adalah satu-satunya penyedia konten yang tersedia di Korea Selatan yang tidak membayar biaya penggunaan jaringan di negara tersebut, sehingga merugikan penyedia layanan internet seperti SK Broadband. 

Sebagai perbandingan, penyedia konten lain seperti Amazon, Apple, dan Facebook membayar biaya penggunaan jaringan di negara tersebut.

Menyusul pengadilan Seoul yang mengatakan Netflix harus 'secara wajar' memberikan sesuatu sebagai imbalan atas penggunaan jaringan, SK Broadband mengatakan tagar Netflix membayar untuk menggunakan jaringan SK. 

Netflix mulai menggunakan jalur khusus SK mulai tahun 2018 untuk mengirimkan konten video definisi tinggi dengan jumlah data yang semakin besar kepada pemirsa di Korea dari server di Jepang dan Hong Kong.

Mengikuti perkembangan terbaru dari pengadilan Seoul, Netflix mengatakan akan meninjau klaim SK Broadband. Lebih lanjut, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu juga akan mencari dialog dan mencari cara untuk sementara bekerja dengan SK Broadband untuk memastikan pelanggan tidak terpengaruh.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews