Satgas Imbau Warga Kepri Waspada Penularan Covid-19 saat Berlayar

Satgas Imbau Warga Kepri Waspada Penularan Covid-19 saat Berlayar

Kapal Roro dan Feri di Perairan Punggur, Kota Batam (Foto:Ikhsan/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengimbau agar masyarakat waspada terhadap penularan Covid-19 di dalam kapal.

Pasalnya, penularan di kapal potensial terjadi karena sirkulasi udara hanya di dalam ruang tertutup.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan, untuk mencegah terjadi penularan tersebut, seluruh penumpang harus menaati protokol kesehatan.

"Kalau perjalanan hanya sejam atau dua jam, sebaiknya tidak makan dan minum di dalam," kata dia dilansir dari laman resmi Pemprov Kepri, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Lingga Kembali Terapkan Wajib Antigen Bagi Penumpang Kapal

Ia melanjutkan, secara umum warga di Kepri sudah menaati protokol kesehatan saat berada di pelabuhan dan juga di kapal. Apalagi seluruh kru kapal, termasuk petugas di pelabuhan ikut mengawasi penumpang untuk menaati protokol kesehatan.

Namun ia mengingatkan agar para penumpang kapal tidak euforia berlebih melihat kasus aktif Covid-19 menurun, meski upaya pencegahan terus dilakukan di pintu keluar-masuk pelabuhan.

"Tetap harus waspada dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan, walaupun upaya pencegahan penularan Covid-19 dilakukan secara intensif di pintu keluar-masuk pelabuhan melalui tes antigen dan pengurangan jumlah penumpang kapal," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews