Pemerintah Izinkan Konser Musik dan Seni di Batam, Tapi Ada Syarat!

Pemerintah Izinkan Konser Musik dan Seni di Batam, Tapi Ada Syarat!

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Penampilan konser musik dan acara seni sudah mulai diizinkan saat ini, berbarengan dengan menurunnya kasus Covid-19. Sebelumnya pada masa PPKM, kegiatan seni dan konser musik tidak diizinkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, pelaksanaan kegiatan seni dan konser musik harus mengacu pada Surat Edaran Wali Kota Batam nomor 56 tahun 2021.

"Apapun nama acaranya mau konser musik, bazar makanan, atau pagelaran seni lainnya tetap harus sesuai dengan aturan yang ada. Upaya untuk membangkitkan pariwisata tetap harus dilakukan, namun sekali lagi tetap jangan ada pelanggaran keramaian," bebernya.

Saat ini sektor pariwisata masih berupaya kembali menata diri, dan bersiap menyambut wisatawan. Untuk tahap awal masih fokus pada wisatawan Nusantara, hal ini karena pintu masuk bagi wisatawan mancanegara masih belum dibuka.

Baca juga: Gubernur Ansar: Pelayanan Publik di Kepri Harus Lebih Baik

"Bagaimana menarik wisnus ke Batam. Jadi kami bersama pelaku wisata lagi menggagas acara agar bisa menarik orang ke Batam. Salah satunya melalui Kenduri Seni Melayu (KSM) yang digelar akhir tahun nanti. Ini merupakan agenda rutin yang diharapkan menarik wisnus," jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah saat ini masih sedang berupaya menumbuhkan warga lokal untuk menghadiri setiap kegiatan yang digelar baik pemerintah maupun swasta. Hal ini guna memberikan peluang bagi pelaku pariwisata untuk bisa menggelar acara yang bisa menarik wisatawan lokal untuk datang.

"Kemarin sudah digelar bazar makanan, harapannya bisa membantu pengusaha kuliner meningkatkan usaha mereka. Kami akan fasilitasi apapun kegiatan yang dibuat, demi menaikkan minat masyarakat dan daya beli tentunya," kata dia.

Mengenai kegiatan Kenduri Seni Melayu (KSM),  pihaknya mulai mempersiapkan kegiatan dengan banyak orang tersebut. Namun tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Masih sedang dipersiapkan,” katanya.

(ret)