Kemenhub Investigasi Insiden Pintu Darurat Citilink Nyaris Dibuka Bocah

Kemenhub Investigasi Insiden Pintu Darurat Citilink Nyaris Dibuka Bocah

Pesawat Citilink. (Foto: ilustrasi)

Jakarta, Batamnews - Insiden pendaratan darurat pesawat Citilink rute Jakarta-Batam di Palembang diinvestigasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pesawat QG944 rute Jakarta-Batam mendarat darurat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang pada 27 September 2021 pukul 16.05 WIB.

Baca juga: Citilink Akui Bocah Buka Pintu Darurat Pesawat, Begini Penjelasan dan Kronologinya

"Kemenhub sudah menerima laporan dari maskapai dan akan melakukan investigasi lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati via kumparan, Selasa (28/9/2021).

Pesawat Citilink QG944 mendarat darurat karena ada seorang penumpang anak-anak diduga hendak membuka pintu darurat saat pesawat sedang di udara.

VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Diah Suryani menjelaskan, kejadian tersebut dipicu oleh penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan QG944 melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit. Saat kejadian, penumpang anak-anak itu berada di luar pengawasan orang tuanya.

Mengetahui peristiwa tersebut, awak kabin Citilink yang bertugas melakukan tindakan sesuai prosedur dengan segera menginformasikan kejadian tersebut kepada Captain Pilot. Selanjutnya, Captain Pilot memutuskan untuk mengalihkan (divert) penerbangan ke bandara terdekat untuk dilakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat dan memastikan pesawat dalam kondisi aman, guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

Baca juga: Mendarat Darurat di Palembang, Citilink Lanjutkan Penerbangan ke Batam

"Selain itu awak kabin segera meminta keterangan kepada orang tua anak tersebut. Adapun orang tua anak tersebut juga dimintai keterangan oleh otoritas yang berwenang saat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang," kata Diah.

Mengutip data Flightradar24, pesawat Citilink tipe Airbus 320 tersebut berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 15.35 WIB dan dijadwalkan tiba pukul 17.05 WIB di Bandara Hang Nadim, Batam. 

Namun, karena insiden di udara, pesawat terpaksa mengalihkan rute (divert) untuk mendarat darurat di Palembang. Setelah mendarat darurat, pesawat Citilink kembali melanjutkan perjalanan pada pukul 19.08 WIB dengan tujuan awal ke Batam. Pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Hang Nadim pukul 19.52 WIB.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews