Citilink Mendarat Darurat

Alvin Lie: Bangku Sekitar Pintu Darurat Pesawat Bukan untuk Anak

Alvin Lie: Bangku Sekitar Pintu Darurat Pesawat Bukan untuk Anak

Citilink

Batam, Batamnews - Pesawat Citilink dengan kode penerbangan QG 944 mendarat darurat di Palembang karena anak kecil membuka pintu darurat. Pesawat ini tujuan Batam dari Jakarta.

Pengamat Penerbangan Alvin Lie menyayangkan anak-anak duduk di sekitar pintu emergency Citilink QG 944. Bangku sekitar pintu darurat harus diisi oleh orang dewasa agar bisa menarik tuas pintu darurat pesawat. Sebab bobot jendela darurat 25 kg ketika dilepas.

"Maskapai tentunya tidak sembarang mengizinkan orang untuk duduk di lokasi yang dimaksud. Ada kriteria khusus, apabila memang penumpang yang duduk di sana pindah, seharusnya mendapat peringatan dari kru kabin," kata Alvin Lie dilansir dari Suara.com, Senin (27/9/2021) malam.

Baca juga: Bocah Buka Pintu Darurat, Pesawat Citilink Tujuan Batam Mendarat Darurat di Palembang

Hanya saja, menurutnya pilihan pendaratan darurat Citilink saat itu merupakan tindakan tepat dalam upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas udara.

Alvin Lie mendapatkan informasi jika anak kecil itu bukan menarik tuas pintu darurat, melainkan cover pelindung tuas pintu darurat pesawat.

"Tapi berdasarkan informasi yang saya dapat dari beberapa sumber, menuturkan bahwa dalam peristiwa ini bukan tuas yang ditarik, melainkan cover pelindung tuas pintu darurat di pesawat tersebut," jelasnya.

Walau hanya berupa plastik pelindung, namun tindakan tersebut memang akan mengaktifkan sensor kedaruratan.

Baca juga: Ketua Kadin Batam Kisahkan Detik-detik Pesawat Citilink Tujuan Batam Mendarat Darurat

Namun demikian, dari pengamatannya pihak maskapai ataupun pengawas penerbangan juga harus memperhatikan beberapa poin mengenai tindakan pengawasan di dalam kabin.

Salah satunya adalah keberadaan kru kabin, yang pada saat kejadian tersebut biasanya masih aktif dalam melakukan pengawasan kepada penumpang, atau melakukan aktifitas jual beli, atau memberikan konsumsi pada penumpang.

"Pesawat diketahui take off jam 15.35 WIB, dan waktu kejadian berjarak sekitar 30 menit. Dalam rentang waktu itu, biasanya para kru kabin masih aktif berkeliling. Baik itu menjual souvenir, atau memberikan konsumsi pada penumpang, sembari mengawasi," paparnya.

Sebagaimana diketahui, Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 944 mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Senin (27/9/2021) sore.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews