Gubernur Ansar Ahmad: Kepri Berangsur Membaik

Gubernur Ansar Ahmad: Kepri Berangsur Membaik

Upacara HUT ke-19 Kepri di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang. (Foto: Sutana/Batamnews)

Batam, Batamnews - Usia Provinsi Kepri menginjak 19 tahun. Upacara peringatan HUT Kepri pun dilakukan di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (24/9/2021) pagi.

Tema HUT Kepri yakni 'Kepri Sehat, Kepri Maju, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyebut pihaknya telah berupaya mewujudkan pembangunan dengan beberapa penekanan pembangunan.

Diantaranya seperti percepatan penanganan Covid-19, percepatan vaksinasi Covid-19, pemulihan ekonomi masyarakat, peningkatan aktivitas dunia usaha, serta percepatan proyek-proyek strategis di daerah. 

"Kami berharap penanggulangan Covid ini kita secara bersama-sama dapat berpartisipasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas," ucapnya.

Berkaitan dengan vaksinasi, Kepri juga telah berhasil melakukan percepatan vaksinasi, dan saat ini sudah hampir 80 persen masyarakat telah disuntik vaksin. 

Presiden juga memberikan apresiasi sebelumnya atas capaian vaksinasi ini.

Pemulihan ekonomi

Dalam mengatasi pemulihan ekonomi masyarakat di Kepri, pemerintah provinsi juga telah mengambil beberapa kebijakan seperti program bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dan bantuan sosial bagi keluarga terkonfirmasi Covid-19. 

Kebijakan ini diharapkan dapat menjaga agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat, sehingga tetap mampu untuk beraktivitas. 

"Pemulihan ekonomi daerah secara makro juga dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dengan peningkatan aktivitas usaha melalui bantuan kepada UMKM, relaksasi pajak daerah, rencana penerapan travel bubble, serta beberapa objek potensial di Provinsi Kepulauan Riau untuk pemulihan bidang pariwisata, peningkatan ekspor dan peningkatan investasi melalui KEK yang ada di Kepri," terangnya. 

Ansar mengatakan kondisi Kepri berangsur-angsur ke arah yang lebih baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh capaian pembangunan hingga triwulan II ini. Pertumbuhan perekonomian Kepri telah tumbuh positif sebesar 6,90 persen. 

"Hasil capaian pembangunan lainnya seperti IPM, dan di bidang kesehatan pun sudah menunjukkan hasil yang baik," jelasnya.

Dalam setahun terakhir, Kepri juga telah banyak menyabet penghargaan. Di antaranya Menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, Penghargaan Top inovasi pelayanan publik Terpuji KIPP 2021 untuk aplikasi proses perizinan yang diberi nama 'sijempol' dengan Peringkat Terbaik I Tingkat nasional. 

Kemudian ada Penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2021, Juara 3 tingkat nasional pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke-XXII tahun 2021, Penghargaan Tingkat Nasional sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak, dan Penghargaan Nasional Anugrah Parahita Ekapraya Kategori Utama. 

"Hasil capaian pembangunan dan penghargaan yang didapat tersebut merupakan hasil kerja kita bersama, untuk itu kami Pemerintah Provinsi Kepri tak henti-henti mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kerja bersama membangun Kepri di tengah Pandemi Covid-19 ini," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews