Ansar-Marlin Pamer Capaian Pembangunan saat HUT ke-19 Kepri

Ansar-Marlin Pamer Capaian Pembangunan saat HUT ke-19 Kepri

Wagub Kepri Marlin Agustina membacakan sejarah perjalanan Provinsi Kepri dalam upacara di Gedung Daerah, Tanjungpinang. (Foto: ist/batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau menjadi momen Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina memamerkan progres capaian pembangunan.

Hari Jadi ke-19 Kepri tahun ini mengambil tema  'Kepri Sehat, Kepri Maju, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit'.

Gubernur mengajak masyarakat menjadikan momen HUT Kepri ini sebagai motivasi dalam meningkatkan pembangunan diseluruh pelosok Kepri.

Ansar mengatakan selama 19 tahun terbentuknya Provinsi Kepri telah membuahkan berbagai capaian hasil pembangunan yang sudah bisa dirasakan oleh masyarakat. 

"Hal ini dilakukan tiada lain demi keberlangsungan terwujudnya Kepri yang makmur, berdaya saing dan berbudaya," kata Ansar dalam sambutan di halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (24/9/2021).

Sebelumnya Wakil Gubernur Kepri Marlin membacakan sekelumit sejarah perjalanan Provinsi Kepri hingga masuk usia 19 tahun saat ini.

Bersama Marlin, Ansar berjanji akan terus mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakat dan mengajak seluruh pihak untuk dapat berpartisipasi mensukseskan pembangunan Kepulauan Riau.

"Tahun ini merupakan tahun kedua dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19, dimana kebijakan pembangunan harus dilakukan secara beriringan dan bersinergi dengan upaya penanggulangan Covid-19. Kita berupaya semaksimal mungkin mengantisipasi dan beradaptasi dalam kebijakan pembangunan akibat adanya pandemi Covid-19 ini," ujar Ansar.

Pada tahun ini juga, Pemerintah Provinsi Kepri telah berupaya mewujudkan pembangunan dengan beberapa penekanan pembangunan seperti percepatan penanganan Covid-19, vaksinasi Covid-19, pemulihan ekonomi masyarakat, peningkatan aktivitas dunia usaha, serta percepatan proyek-proyek strategis di daerah.

Adapun beberapa upaya yang telah dilakukan Pemprov Kepri tersebut telah membuahkan hasil, diantaranya  terkait penangan Covid, pemerintah Provinsi Kepri telah berhasil mengurangi jumlah kasus harian terkonfirmasi, dimana pada saat ini Kepri sudah berada dalam Status PPKM level 3.

"Kami berharap penanggulangan Covid ini kita secara bersama-sama dapat berpartisipasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas," harap Ansar.

Berkaitan dengan vaksinasi, Kepri juga telah berhasil melakikan percepatan vaksinasi, dan saat ini sudah hampir 80 persen masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi.

Bahkan hal ini telah mendapatkan apresiasi langsung dari  Presiden Joko Widodo pada saat peninjauan lokasi vaksinasi di Kepri beberapa waktu yang lalu.

Dalam mengatasi pemulihan ekonomi masyarakat di Kepri, Pemerintah Provinsi juga telah mengambil beberapa kebijakan seperti program bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dan bantuan sosial bagi keluarga terkonfirmasi Covid-19. 

Kebijakan ini diharapkan dapat menjaga agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat, sehingga tetap mampu untuk beraktivitas.

"Pemulihan ekonomi daerah secara makro juga dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dengan peningkatan aktivitas usaha melalui bantuan kepada UMKM, relaksasi pajak daerah, rencana penerapan travel bubble, serta beberapa objek potensial di Provinsi Kepulauan Riau untuk pemulihan bidang pariwisata, peningkatan ekspor dan peningkatan investasi melalui KEK yang ada di Kepri," terangnya.

Tidak hanya sampai dis itu, Pemerintah Provinsi Kepri juga tetap berupaya mewujudkan pembangunan proyek-proyek strategis serta berupaya melakukan penyediaan infrastruktur dasar demi pemerataan pembangunan Kabupaten/Kota seperti listrik dan telekomunikasi hingga ke pelosok pulau.

Saat ini, kondisi Kepri diklaim oleh Gubernur telah berangsur-angsur ke arah yang lebih baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh capaian pembangunan hingga triwulan II ini, dimana pertumbuhan perekonomian Kepri telah tumbuh positif sebesar 6,90 persen.

"Hasil capaian pembangunan lainnya seperti IPM, dan dibidang kesehatan pun sudah menunjukkan hasil yang baik," jelasnya.

Dalam setahun terakhir, Kepri juga telah banyak menyabet penghargaan di tahun ini diantaranya Menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, Penghargaan Top inovasi pelayanan publik Terpuji KIPP 2021 untuk aplikasi proses perizinan dengan jarimu yang diberi nama 'Sijempol' dengan Peringkat Terbaik I Tingkat nasional.

Kemudian ada Penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2021, Juara 3 tingkat nasional pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke-XXII tahun 2021, Penghargaan Tingkat Nasional sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak, dan Penghargaan Nasional Anugrah Parahita  Ekapraya Kategori Utama

"Hasil capaian pembangunan dan penghargaan yang didapat tersebut merupakan hasil kerja kita bersama, untuk itu kami Pemerintah Provinsi Kepri tak henti-henti mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kerja bersama membangun Kepri di tengah Pandemi Covid-19 ini," ajaknya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews