Apple Luncurkan iOS 15 untuk iPhone, Sejumlah Fitur Makin Segar

Apple Luncurkan iOS 15 untuk iPhone, Sejumlah Fitur Makin Segar

Ilustrasi.

Jakarta - Apple resmi meluncurkan iOS 15 untuk pengguna iPhone di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada Selasa (21/9/2021).

Ada berbagai fitur dan update yang hadir untuk pengguna melalui sistem operasi terbaru ini. Salah satu yang digarisbawahi adalah fitur baru pada FaceTime.

FaceTime menjadi fitur penting yang banyak dipakai pengguna iPhone selama pandemi Covid-19. Demikian dikutip dari Liputan6.com.

Untuk itulah, Apple membuat FaceTime lebih mudah saat melakukan panggilan lintas platform, meningkatan kualituas video dan audio, dan lain-lain. Berikut sejumlah fitur baru dan peningkatan di iOS 15:

1. FaceTime

-  Spatial audio: pada panggilan grup, suara terdengar seperti berasal dari arah posisi orang tersebut di layar. Hal ini diklaim membuat percakapan mengalir lebih alami.

- Grid view: Grid view menampilkan orang-orang yang tengah melakukan panggilan FaceTime dalam ukuran yang sama.

- Portrait mode: Terinspirasi dari mode Portrait di kamera, efek video ini memberikan fokus pada pengguna dan latar belakang buram.

- Undang siapa saja ke FaceTime: Pengguna kini bisa mengundang teman dan keluarga ke dalam FaceTime melalui link (tautan), meski orang yang diundang memakai Windows atau Android.

- Mic modes: Terdapat fitur baru isolasi suara yang meminimalisasi suara noise pada layar belakang, sementara suara pengguna ditempatkan di tengah dan depan agar lebih terdengar jelas.

Ketika ada suara atau musik di sekitar yang sama pentingnya dengan suara si pengguna, Spektrum Lebar membiarkan suara tersebut tetap terdengar.

2. Focus

Ketika pengguna mencari cara baru untuk mengelola notifikasi dan meningkatkan notifikasi, iOS 15 dan iPadOS 15 memberikan peningkatan besar dalam kategori tersebut.

Focus pun akan memungkinkan pengguna menyesuaikan notifikasi, layar Utama, membagikan Status pengguna di Pesan, dan banyak lainnya.

3. Shared With You

Fitur baru di iOS 15 antara lain adalah Shared With You. Fitur ini memudahkan pengguna menemukan konten yang dibagikan oleh teman.

"Konten yang dibagikan kepada Anda melalui Messages akan muncul otomatis pada sesi Shared with You di aplikasi terkait. Dengan begitu pengguna akan lebih nyaman menikmatinya," kata Apple dalam update iOS 15.

Lebih lanjut disebutkan pula, Shared With You akan ditampilkan di Photos, Safari, Apple News, Apple Music, Apple Podcast, dan Apple TV.

4. Aplikasi Weather (Cuaca)

Aplikasi Weather hadir dengan desain baru, notifikasi realtime, animasi lebih indah, dan lain-lain. Desain baru ini disusun ulang berdasarkan kondisi terkini di wilayah pengguna.

Misalnya di luar hujan atau segera turun hujan, aplikasi akan menyesuaikan tata letaknya untuk menampilkan prakiraan jam, curah hujan, dan radar di bagian atas.

5. Safari

Setelah banyak perubahan di pengujian beta, Safari pada iOS 15 dan iPadOS 15 menampilkan desain baru secara keseluruhan. Di iPhone, Safari kini punya tab/ bilah alamat yang terletak di bagian bawah antarmuka.

Sementara pada iPad, bilah tab nya pun didesain ulang. iOS 15 dan iPadoS 15 juga menampilkan fitur Grup Tab baru di Safari.

Hal ini memungkinkan pengguna menyimpan dan mengatur Tab serta beralih dengan mudah. Grup Tab juga menyinkronkan semua perangkat, sehingga pengguna bisa mengakses dari perangkat Apple apa pun.

6. Live Text

Dengan iOS 15 dan iPadOS 15, foto kini menjadi lebih interaktif. Teks yang ada di gambar, seperti alamat, email, nomor telepon, dan lain-lain kini bisa ditap. Kemudian pengguna bisa menyalin teks tersebut di tempat lain.

7. Photos

Aplikasi Photos makin personal pada iOS 15 dan iPadOS 15. Apple menambahkan fitur Memories yang memungkinkan pengguna mempersonalisasi tampilan dan rasa dari story yang dibuat dengan sebuah lagu yang dirasa cocok.

Gambar-gambar juga kini lebih mudah ditemukan melalui pencarian Spotlight. Hal ini berkat fitur inteligen baru untuk mencari foto berdasarkan lokasi, orang, scene, atau objek.

Dengan menggunakan fitur Live Text, Spotlight bisa menemukan teks dan tulisan di dalam foto.

8. Widget; dan

9. Privasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews