Kreator Konten Podcast Apple Kini Bisa Dapat Uang

Kreator Konten Podcast Apple Kini Bisa Dapat Uang

Foto: Stephen Lam/Reuters

Jakarta, Batamnews -Dalam acara Apple's Spring Loaded pada bulan April, Apple meluncurkan program langganan podcast baru. Program ini tidak seperti layanan Apple Music atau layanan langganan di Apple One. Langganan pada podcast ini tergantung pada kebijakan si kreator.

Ini artinya, Apple hanya memberi mereka dukungan alat untuk membantu kreator memonetisasi konten jika mereka mau.

Baca juga: Doctor Apple, Layanan Resmi Produk Apple Kini Hadir di Mega Mall Batam

Kini program tersebut diperluas oleh Apple dengan mengumumkan program afiliasi untuk langganan podcast. Bagi yang belum familiar, program afiliasi ini bukanlah hal yang baru.

Perusahaan seperti Amazon sudah memilikinya di mana jika pengguna mengklik tautan afiliasi Amazon lalu membeli item, orang yang tautannya diklik ini akan mendapatkan komisi kecil. Dalam hal ini, Apple akan memberi pengguna komisi 50% jika orang yang mereka referensikan berubah menjadi pelanggan berbayar.

Jadi misalnya kreaor podcast mengenakan biaya USD 10 sebulan untuk berlangganan dan seseorang mengklik tautan afiliasinya dan mereka berlangganan, maka kreator ini akan mendapatkan USD 5 atau sekitar Rp 71 ribu.

Baca juga: VOC Perusahaan Terkaya di Dunia Kalahkan Apple dan Facebook

Dikutip dari detiKINET yang melansir Ubergizmo, Apple sebenarnya mendorong konten kreator dan publisher untuk menggunakan tautan ini karena itu akan menjadi pendapatan tambahan di atas langganan yang mereka dapatkan.

Program afiliasi akan tersedia untuk siapa saja di 170 negara yang tersedia langganan podcast. Jadi, kunjungi website Apple jika ingin mengetahui cara menjadi anggota.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews