Ada 4 Model, iPhone 13 Bisa Dipesan Mulai 17 September

Ada 4 Model, iPhone 13 Bisa Dipesan Mulai 17 September

iPhone 13. (Foto: CNet)

Batam - Apple resmi mengumumkan hadirnya iPhone 13. Ada empat model yang ditawarkan dalam seri terbaru yang bisa dipesan mulai 17 September 2021.

Dalam Apple Event yang digelar secara live streaming dari California, AS, Selasa 14 September 2021 atau Rabu (15/9/2021) dini hari waktu Indonesia, Apple menghadirkan empat model baru yakni iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro dan 13 Pro Max.

Dikutip dari CNet, iPhone 13 menjalankan iOS 15, hadir dengan baterai yang lebih besar, penyimpanan lebih besar, prosesor A15 Bionic baru, takik yang lebih kecil, dan banyak fitur kamera baru. 

Model dasar iPhone 13 dan 13 Mini tersedia dalam lima warna: merah muda, biru, tengah malam (hitam), cahaya bintang (putih) dan Merah Produk. Dan iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max mendapatkan peningkatan kamera raksasa serta layar baru dengan layar kecepatan refresh tinggi 120Hz.

Fitur yang paling disambut pecinta iPhone adalah kapasitas baterai yang lebih besar. Namun, Apple tidak membagikan ukuran baterai, tetapi mengklaim bersama dengan iOS 15, chip A15, dan tampilan yang diperbarui menambahkan masa pakai baterai dua setengah jam lebih lama ke iPhone 13 dibandingkan dengan iPhone 12. 

iPhone 13 Mini mendapatkan satu setengah jam lebih banyak daripada iPhone 12 Mini dan hal ini diklaim sebagai peningkatan yang signifikan. 

Apple mengatakan bahwa model Pro akan melihat peningkatan yang serupa dalam masa pakai baterai dengan iPhone 13 Pro mendapatkan dua setengah jam lebih banyak dan 13 Pro Max mendapatkan tambahan satu setengah jam.

IPhone 13 dan 13 Mini mendapatkan sistem kamera yang diperbarui, yang terlihat dari orientasi diagonal baru dari dua kamera belakang. 

Bahkan, Apple mengatakan orientasi baru ini adalah hasil dari memberi lebih banyak ruang untuk sistem stabilisasi berbasis sensor baru yang sebelumnya hanya ditemukan di iPhone 12 Pro Max. (Kamera pada iPhone 12 ditumpuk secara vertikal.) 
Keempat model mendapatkan kamera utama 12 megapiksel yang ditingkatkan serta lensa dan sensor ultrawide yang lebih baik. Perangkat keras baru bersama dengan chip A15 Bionic baru berarti beberapa peningkatan dan fitur baru, termasuk mampu menangkap 47% lebih banyak cahaya.

Ada mode sinematik baru untuk membuat video Anda tampak lebih seperti film. Saat menggunakan mode ini, kamera dapat mengunci subjek Anda untuk menjaganya tetap fokus, baik saat diam atau bergerak. 

iPhone bahkan dapat mengantisipasi ketika subjek Anda masuk ke dalam bingkai. Efek rapi lainnya adalah kemampuan untuk menarik fokus dari satu subjek ke subjek lainnya.

(gea)