Kasus Narkoba Mendominasi Persidangan di Kabupaten Karimun

Kasus Narkoba Mendominasi Persidangan di Kabupaten Karimun

ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Kasus pidana narkoba menjadi kasus paling banyak yang ditangani Kejaksaan Negeri Karimun tahun ini.

Dari awal 2021 dengan kondisi pandemi Covid, kasus narkoba kian marak. Tahun lalu pidana narkoba juga termasuk jenis kasus paling banyak yang ditangani kejaksaan.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Karimun, Herdian Malda Ksastria mengakui pihaknya tidak henti-hentinya menangani kasus narkoba untuk disidangkan.

"Tahun tahun 2021 ini, bidang Pidana Umum perkara yang paling banyak dilimpahkan penyidik kepolisian itu masih narkotika," kata Malda, Sabtu (18/9/2021).

Setiap bulan, kasus yang dilimpahkan kepolisian 60 persen terkait narkoba.. Hampir setiap hari Jaksa Penuntut Umum (JPU) menggelar sidang narkotika di Pengadilan Negeri Karimun.

Banyak pelaku atau terdakwa yang telah dijatuhi dengan hukuman dengan tuntutan yang diberikan JPU.

"Dalam penuntutan, kita sudah ada pedoman tuntutan. Jadi sudah ada patokan-patokan, memilah antara pengedar, penyalahguna dan korban penyalahguna," ucapnya.

Dikatakan Malda, perkara yang dapat memberatkan terdakwa adalah masuk atau terlibat dalam jaringan peredaran narkoba, dan sebagai pengedar ditengah masyarakat.

(aha)