Dispar Tunggu Satgas Covid-19 Buka Bioskop di Batam

Dispar Tunggu Satgas Covid-19 Buka Bioskop di Batam

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Bioskop telah diperbolehkan untuk dibuka kembali untuk daerah yang masuk kategori pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Kota Batam termasuk dalam PPKM level tersebut.

Saat ini pihak bioskop di Batam sudah mulai melakukan persiapan untuk pembukaan studio mereka.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, rencana pembukaan bioskop di Batam sudah mulai dipersiapkan, salah satu pihak bioskop juga telah memberikan surat pemberitahuan mengenai rencana tersebut.

“Sudah pemberitahuan dari pihak CGV ke Dispar, mereka menemui langsung terkait rencana pembukaan bioskop,” ujar Ardi, Kamis (16/9/2021).

Ia menjelaskan, sebelum bioskop dibuka memang harus ada pembahasan dengan satuan tugas (Satgas) Covid-19 Batam. Karena menyangkut penerapan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Syarat Masuk Bioskop yang Mulai Dibuka 16 September

“Tunggu berkoordinasi dulu dengan pihak satgas,” katanya.

Protokol kesehatan yang harus ditetapkan ketika bioskop dibuka yaitu, studi hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas. Serta beberapa prokes lainnya seperti, mengukur suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer dan scan pedulilindungi.

Namun khusus scan pedulilindungi, Ardi menyampaikan belum dapat memastikannya. Pembahasan pembukaan bioskop masih berlangsung pada esok hari.

“Belum bisa dipastikan (scan pedulilindungi), besok masih ada pertemuan lagi,” jelasnya.

Menurut Ardi untuk penerapakan prokes tidak ada hambatan yang berarti, karena sebelumnya sudah pernah membuka bioskop di masa pandemi Covid-19. Hingga saat ini, belum dapat dipastikan jadwal pembukaan bioskop di Batam.

“Dulu sudah pernah kita buka, sekarang ini coba diulangi lagi,” ucapnya.

(ret)