Terungkap Penyebab Karimun Zona Orange Corona Meski Kasus Melandai

Terungkap Penyebab Karimun Zona Orange Corona Meski Kasus Melandai

Karimun berada dalam zona orange Covid-19 (Foto: dok.ist)

Karimun, Batamnews - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), melandai. Meski begitu, Karimun masih berstatus zona orange dengan PPKM Level 3.

Penyebab status zona orange ini didapat Karimun karena angka kematian akibat Covid-19 masih tergolong tinggi. Dalam laporan harian gugus tugas Kabupaten Karimun, angka kematian selalu dilaporkan.

Diketahui bahwa untuk melakukan atau penerapan zonasi tersebut dilakukan oleh gugus tugas pusat.

"Memang kita sempat di zona kuning, dan naik lagi ke zona orange. Ini yang menzonasi pusat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Karimun, Rachmadi, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Tingkat Kematian Covid di Karimun Jadi Sorotan Pusat

Disebutkannya, ada sejumlah faktor yang menyebabkan Karimun kembali ke zona orange. Pertama, tingkat angka kematian Covid-19 tidak turun secara signifikan. Dalam satu hari, dilaporkan ada 1 atau 2 kasus meninggal dunia.

"Angka kematian kita di Karimun, tidak bisa menurun secara signifikan," ucapnya.

Kemudian, faktor selanjutnya adalah belum maksimalnya tracing yang dilakukan ditengah masyarakat oleh para tracer. Sebab, sebagian trecer dilakukan oleh pihak Bhabinkamtibmas dan Babinsa, sehingga mengalami kendala dalam melakukan penginputan data dalam Si Lacak.

"Karena memang baru pelatihan, karena treacer dan treacing untuk menginput data dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa ke dalam Si Lacak," ujarnya.

"Maka, dari dua komponen itulah yang membuat kita masih di PPKM level 3 dan zona orange," pungkas Rachmadi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews