Syarat Masuk Bioskop yang Mulai Dibuka 16 September

Syarat Masuk Bioskop yang Mulai Dibuka 16 September

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Sejumlah jaringan bioskop Indonesia siap beroperasi kembali secara serentak pada Kamis (16/9/2021). Beberapa syarat harus dipenuhi penonton ketika mau masuk bioskop mulai besok, salah satunya adalah menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
 
"Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan 2 dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta prokes ketat," kata Luhut dalam pengumuman yang disiarkan secara virtual, pada Senin (13/9/2021).

Ketentuan itu juga sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Bioskop juga hanya mengizinkan penonton yang sudah vaksin dua kali untuk masuk. Hal tersebut nantinya bisa diketahui lewat aplikasi PeduliLindung. Penonton juga harus berusia 12 tahun ke atas.

Syarat masuk bioskop yang lain masih sama seperti tahun lalu saat beroperasi di tengah pandemi, seperti menerapkan aturan protokol kesehatan, mengenakan masker, dan jaga jarak sosial.

Mengenai aturan makan dan minum di dalam studio bioskop dikembalikan ke kebijakan pemerintah setempat.

Terpisah, tiga jaringan besar bioskop di Indonesia yakni Cinema 21, CGV, dan Cinepolis juga mengumumkan rencana pembukaan kembali mulai besok (16/9/2021). Mereka menyatakan siap menyambut pencinta film di bioskop.

"Siapa yang sudah siap ke CGV besok? Cek dulu persyaratan masuknya," cuit cgv_id.

"Mulai Kamis, 16 September 2021, Cinema XXI sudah kembali melakukan kegiatan operasional di sejumlah daerah," cuit cinema21.

Jaringan bioskop Cinepolis juga mengunggah poster yang mengumumkan mereka kembali dibuka Kamis (16/9).

Izin pengoperasian kembali bioskop diberikan setelah pemerintah melihat tren kasus Covid-19. "Hal ini terlihat penurunan kasus konfirmasi nasional hingga 93,9 persen dan secara spesifik Jawa Bali sampai 96 persen dari titik puncak 15 Juli lalu," ujar Menko Luhut.

"Jadi hanya kategori hijau yang dapat masuk area bioskop," tuturnya.

Di sisi lain, sederet film blockbuster dipersiapkan bioskop Indonesia untuk menyambut penonton dalam waktu dekat. Film-film seperti Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, The Suicide Squad, dan Black Widow direncanakan tayang ketika bioskop Indonesia dibuka lagi.


Tanggapan Mall Batam

Deputi General Manager Grand Batam Mall, Yanto mengatakan pihaknya belum mandapatkan info resmi terkait kabar tersebut.

“Baru di Jakarta saja sepertinya, Tapi di Batam sepertinya belum sih,” katanya, Rabu (15/9/2021).

Yanto mengaku ingin memastikan kabar tersebut dari pemerintah kota, agar mendapatkan jawaban.

(ude)