Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Bintan Naik Rp 358 Miliar

Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Bintan Naik Rp 358 Miliar

Menko Perekonomian saat pelepasan hasil olahan kelapa dari PT Bionesia ke Eropa.

Bintan, Batamnews - Kabupaten Bintan menjadi salah satu wilayah yang berhasil meningkatkan nilai ekspor pertaniannya tertinggi di Indonesia. Bahkan keberhasilan itu membuat Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan diganjar penghargaan dari Wakil Presiden Wapres RI, Ma'ruf Amin.

Bedasarkan catatan sistem IQFAST yang berada di Karantina Pertanian Tanjungpinang, hasil pertanian unggulan ekspor asal Kabupaten Bintan terdiri dari dua jenis komoditas yaitu karet dan kelapa.

Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho mengatakan, komoditas pertanian yang diekspor dari Bintan adalah bungkil kelapa, karet lempengan, kelapa parut dan santan kelapa.

Nilai dari ekspor tersebut meningkat sebesar Rp 358 miliar pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (yoy).

Baca juga: Bintan Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Wakil Presiden

“Peningkatan ini tentu sangat menggembirakan, dan semoga ini akan menambah semangat para pelaku usaha agrobisnis baik petani, eksportir dan lainnya untuk terus meningkatkan kinerja ekspornya," ujar Raden Nurcahyo, Selasa (14/9/2021).

Komoditas pertanian tersebut diekspor ke beberapa negara. Mulai dari India, Korea Selatan, Vietnam, Cina, Rusia, Jerman, Belanda, USA, Australia dan New Zealand.

Pertanian juga dinilai mampu menjadi tulang punggung ekonomi. Bahkan ditengah disrupsi yang diakibatkan pendemo Covid-19 ini. Kemudian juga memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kami di Karantina Pertanian Tanjungpinang, selain bertugas mengawasi keamanan pangan dan pengendalian mutu pertanian, juga mendapat tugas khusus untuk mengawal kinerja ekspor pertanian dari Kepri," katanya.

(ary)