Sekda Kepri Harus Mampu Menarasikan `Pulihkan Ekonomi Makmur kan Rakyat`

Sekda Kepri Harus Mampu Menarasikan `Pulihkan Ekonomi Makmur kan Rakyat`

Wakil Ketua II DPRD Kepri, Raden Hari Tjahyono (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Raden Hari Tjahyono berharap pejabat yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, mampu menarasikan visi misi pimpinan dengan tagline `Pulihkan Ekonomi Makmur Kan Rakyat`.

Ia menilai, secara peraturan perundang-undangan, ia yakin tim panitia seleksi (Pansel) paham benar dengan hal-hal yang berkaitan dengan syarat administrasi, uji kelayakan dan lain sebagainya dalam memilih Sekdaprov.

"Tapi menjadi penting juga bagi tim pansel untuk mendalami bagaimana kemampuan Sekda untuk menarasikan atau mengoperasionalkan tagline `Pulihkan Ekonomi Makmur Kan Rakyat` yang digaungkan Pak Ansar dan Bu Marlin saat kampanye dulu, ini tertuang juga di RPJMD," tutur Raden Hari.

Baca juga:

Menurutnya, dari kedelapan orang yang lolos administrasi semuanya punya pengalaman masing-masing di lingkungan pemerintah kabupaten dan kota serta provinsi.

"Dari kedelapan nama saya melihat semuanya punya pengalaman di birokrasi dan bahkan 2 diantaranya juga merupakan Sekda Kabupaten Bintan dan Batam. Jadi dari sisi pengalaman, saya lihat semuanya punya kualifikasi, hanya saja siapa yang bisa menarasikan konsep pulihkan ekonomi tadi," ujarnya.

Masalah ekonomi adalah persoalan utama di semua provinsi bahkan nasional. Jadi, ini menjadi point penting bagaimana Sekda ke depan bisa mengajak birokrasi bekerja lebih keras di saat defisit anggaran.

"Menjadi Sekda di saat pandemi ini penuh dengan tantangan, harus ada narasi operasional dari pejabat yang mengikuti seleksi jabatan Sekdaprov Kepri terkait bagaimana dia menjalankan narasi pulihkan ekonomi makmur kan rakyat. Serta cakap dan komunikatif terhadap semua pihak tidak hanya kepala daerah, tetapi kepada semua stakeholder terkait," pungkasnya.

(ruz)