Kreasi Kopi Campur Kunyit yang Bisa Tingkatkan Imunitas

Kreasi Kopi Campur Kunyit yang Bisa Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Selain nikmat disantap begitu saja, kopi juga bisa dinikmati dengan racikan tambahan rempah seperti kunyit. Minum kopi dengan kombinasi ini juga menyehatkan tubuh karena bisa meningkatkan imunitas.

Kopi adalah salah satu minuman sehat yang banyak dikonsumsi. Karena kopi mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan.

Tentu saja kopi yang baik dikonsumsi adalah kopi hitam. Racikannya juga tak boleh ditambahkan pemanis dan bahan berlemak yang berlebihan.

Namun, kopi bisa diracik dengan bahan alami yang menyehatkan. Salah satunya manggunakan campuran rempah-rempah, seperti kunyit.

Rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini, selain membuat sedap makanan juga bisa menjadi pewarna alami. Tak hanya itu, mencampurkan kunyit ke dalam kopi juga memiliki beragam manfaat sehat, seperti dilansir dari Health Line (7/9/2021).

Baca juga: 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet

Kombinasi dari dua bahan alami ini sangat baik untuk tubuh. Keduanya memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Dalam kunyit, ada curcumin yang dapat membantu sebagai anti-inflamasi dan antibakteri.

Selain kaya zat antioksidan, kopi campur kunyit juga memberikan manfaat dalam menurunkan risiko penyakit kronis. Seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, hingga kesehstan mental.

Kopi campur kunyit juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri. Seperti saat datang bulan (haid) yang kerap dirasakan wanita.

Kalau kamu ingin menikmati racikan kopi campur kunyit ini, bisa membuatnya sendiri karena caranya mudah. Kamu tinggal menambahkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit ke dalam secangkir kopi. Lalu, seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit madu agar rasanya lebih nikmat.

Jangan terlalu banyak menambahkan bubuk kunyit karena kedua bahan tersebut memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kalau terlalu banyak ditakutkan akan menyebabkan sakit perut dan gangguan pencernaan.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews