Catat! 9 Cara Mudah Memutihkan Gigi di Rumah

Catat! 9 Cara Mudah Memutihkan Gigi di Rumah

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Banyak orang yang tidak percaya diri ketika miliki gigi yang kuning. Apalagi ketika senyum dan tertawa. Mereka tentu saja menginginkan memiliki gigi putih tapi tidak tahu cara memutihkan gigi.

Padahal, ada banyak cara memutihkan gigi yang bisa dilakukan di rumah. Perubahan warna gigi sendiri dapat disebabkan akibat konsumsi makanan tertentu.

Misalnya, pada teh atau kopi yang menyebabkan email gigi ternodai. Sehingga terjadi erosi di lapisan luar gigi yang membuat dentin terlihat. Diketahui, warna asli dentin adalah kuning.

Berikut 9 cara memutihkan gigi di rumah, dikutip dari Meyer Dental:

1. Kurangi minuman berwarna

Konsumsi minuman berwarna ternyata dapat menyebabkan warna gigi menguning. Oleh karena itu, kurangi mengonsumsi minuman berwarna setiap hari.

Jika sedang meminumnya, akali dengan sedotan agar minuman tersebut tidak mengenai gigi. Selanjutnya, siapkan air putih untuk berkumur. Hindari langsung menyikat gigi karena dapat merusak email gigi.

2. Berhenti merokok

Selain dapat merusak paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan gigi kuning. Perubahan warna akibat rokok ini sangat sulit dihilangkan. Cara terbaiknya adalah dengan berhenti merokok.

 

3. Bersihkan gigi secara berkala

Gigi harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan noda atau sisa makanan yang menyangkut di gigi. Caranya dengan menyikat gigi dua kali sehari dan flossing minimal sehari sekali.

4. Gunakan pasta gigi pemutih

Dalam menyikat gigi, pasta gigi yang digunakan juga harus diperhatikan. Pilih jenis pasta yang mengandung bahan untuk memutihkan gigi atau menghilangkan noda, seperti bahan abrasif ringan. Sayangnya, jenis pasta gigi pemutih dapat mengurangi email gigi.

5. Konsumsi makanan pemutih gigi

Ternyata, ada beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri. Selain itu, produk susu juga baik untuk gigi karena dapat melawan asam di area mulut dan email gigi menjadi kuat.

6. Pakai obat kumur

Selain membuat napas segar, obat kumur diyakini dapat mengurangi bakteri yang menumpuk di area mulut dan mempercantik warna gigi. Pilih obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida dan kumur-kumur selama 60 detik lalu buang.

7. Menyikat lidah

Menyikat lidah juga penting untuk menjaga kebersihan mulut. Sebab, bakteri menempel di area lidah yang menyebabkan tumbuhnya plak di gigi. Dengan menyikat lidah, pertumbuhan plak di gigi dan bau mulut dapat berkurang.

8. Gunakan baking soda

Soda kue merupakan bahan abrasif ringan yang mampu menghilangkan noda di permukaan. Untuk itu, baking soda dapat digunakan untuk menyikat gigi agar terlihat lebih putih. Semakin tinggi konsentrasi soda kue, maka akan semakin efektif membersihkan noda pada gigi.

9. Kurangi konsumsi gula

Penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terutama makanan dan minuman manis. Gula sendiri dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri pada gigi yang juga mendorong terbentuknya plak. Disarankan untuk menyikat gigi setelah konsumsi makanan dan minuman manis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews