Budidaya Kepiting Bareng PT Timah, Pokdakan di Karimun Panen Perdana

Budidaya Kepiting Bareng PT Timah, Pokdakan di Karimun Panen Perdana

Pokdakan Tuah Ketam panen perdana kepiting (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Tuah Ketam, Desa Sawang Laut, berhasil membudidayakan kepiting dengan hasil panen perdana mencapai puluhan kilogram.

Budidaya kepiting di Pantai Tuah, Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) ini, bekerja sama dengan PT Timah Tbk sejak tahun 2020 lalu.

Baru-baru ini PT Timah memberikan bantuan bibit kepiting sebanyak 1.000 ekor melalui CSR-nya. Kerjasama itu, juga memberikan pelatihan dan pembinaan bagi anggota kelompok untuk membudidayakan kepiting.

Ketua Pokdakan Tuah Ketam, Supiyanto mengatakan bahwa berkat program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Timah ini, pihaknya dapat berhasil memanen kepiting-kepiting yang siap dijual.

Baca juga: Gubernur Ansar Ingin Kembangkan Budidaya Rumput Laut di Kepri

“Panen kepiting ini merupakan program yang dijalankan oleh Pokdakan Tuah Ketam dengan support dari PT Timah, mulai dari bibit, serta pelatihan pada beberapa waktu yang lalu. Sehingga saat ini kita bisa menuai hasilnya,” katanya, Selasa (7/9/2021).

Menurut Supiyanto, panen kepiting ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan kepiting. Kepiting yang dipanen pun dijual ke masyarakat.

Sebagaimana diketahui, peminat kepiting ini cukup banyak. Sehingga, nantinya diharapkan bisa menjadi peluang sumber ekonomi baru.

“Panen ini tentunya memberikan hasil tambahan untuk nelayan dan anggota kelompok. Selain dari menjaring atau melaut, dimana saat ini pandemi Covid-19 yang melumpuhkan segala lini perekonomian,” kata dia.

Mereka berharap, kedepannya PT Timah tetap berkolaborasi dengan kelompok mereka, sehingga nantinya budidaya kepiting ini bisa terus berlanjut.

Selain itu, direncanakan kedepannya pihkanya tidak hanya membudidayakan saja, melainkan juga akan melakukan pembibitan.

(aha)