Kabar Pulau Tambelan di Kepri Dilelang Bikin Geram Anggota DPR-RI

Kabar Pulau Tambelan di Kepri Dilelang Bikin Geram Anggota DPR-RI

Pulau Tambelan. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Pulau Tambelan di Kepulauan Riau mencuri perhatian publik. Bukan karena kabar keindahannya, melainkan mengenai informasi pulau itu dilelang secara online.

Lelang tersebut dibuka di sebuah akun Instagram. Nilai kelipatan Rp 25 ribu dengan harga 'tembak' di angka Rp 1,4 triliun. Demikian ditulis detikcom, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Tiga Desa Terendam di Tambelan

Lelang ini memantik komentar Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim. Ia meminta polisi menyelidiki dan menindaklanjuti hal ini.

"Menurut saya itu ilegal, dan ini kejadian sudah berulang kali. Mungkin, kenapa terus berulang karena pihak yang entah iseng atau serius menjual pulau-pulau Indonesia secara online itu belum pernah ada yang berhasil ditangkap lalu dijatuhi hukuman," ujar Luqman.

Ia mengatakan penting untuk diberi efek jera para pelaku penjualan pulau secara online.

Menurutnya, perbuatan lelang tersebut mengusik nasionalisme rakyat. Bahkan, bisa memunculkan ketidakpercayaan rakyat terhadap penegak hukum.

Sementara itu, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung menegaskan pihaknya sedang memburu pemilik akun Instagram yang melelang Pulau Tambelan.

"Pulau itu tidak dijual, sudah kami koordinasikan dengan camat setempat," kata Tidar dikutip Batamnews dari merdeka.com.

Tidar menyebutkan, penjualan pulau memerlukan waktu yang lama dan ada aturan penjualan lahan di Indonesia. "Jangankan mau jual pulau, jual kambing juga ada syaratnya," ucapnya.

Baca juga: Lansia Asal Tambelan Positif Covid-19 Sepulang dari Kalimantan

 

Polres Bintan telah berkoordinasi dengan Badan Pemeliharaan Pengelolaan Perbatasan dan Pertanahan terkait kejadian ini. Selain itu, Pemda setempat juga telah dihubungi.

"Kami coba kumpulkan bahan-bahan keterangan, ke lapangan dan ke pemda setempat. Semua kita cek, kita dalami, termasuk akun-akunnya (penjual pulau)," jelasnya.

Secara geografis, Pulau Tambelan berada di posisi terluar Provinsi Kepulauan Riau dan lebih dekat dengan Kalimantan Barat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews