Temui Menhub, Ansar Bahas Kelanjutan Tiga Proyek Infrastruktur di Kepri

Temui Menhub, Ansar Bahas Kelanjutan Tiga Proyek Infrastruktur di Kepri

Gubernur Ansar Ahmad bertemu Menhub Budi Karya Sumadi membahas kelanjutan proyek infrastruktur Kepri. (Foto: ist)

Jakarta - Proyek pembangunan infrastruktur di Kepulauan Riau menjadi fokus bahasan tatkala Gubernur Ansar Ahmad bertemu Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta.

Tiga proyek infrastruktur Kepri yang dibahas adalah tindak lanjut pembangunan pelabuhan Malarko dan perpanjangan bandara di Kabupaten Karimun serta pelabuhan di Kabupaten Natuna.

"Apa yang kita lakukan ini bentuk keseriusan Pemerintah dalam melakukan pembangunan di Kepri. Meskipun saat ini sedang dalam kondisi pandemi, namun kita tetap melakukan terobosan-terobosan supaya tidak ketinggalan dalam hal pembangunan," kata Ansar saat bertandang ke kantor Kemenhub RI di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Terkait Pelabuhan Malarko di Kabupaten Karimun, Ansar memaparkan jika posisi pelabuhan ini berada di jalur strategis dan berdekatan dengan beberapa negara tetangga. 

Baca: Menhub Budi Karya: Pengembangan Pelabuhan Malarko Libatkan Swasta

Di area Pelabuhan Malarko tersebut juga nantinya akan dibangun kawasan bisnis terpadu, sehingga nantinya bisa menjadi roda perekonomian di Kepri dan di Karimun khususnya.

Begitu juga dengan rencana perpanjangan bandaranya. Menurut Gubernur, menyangkut hal ini sudah di rapatkan ditingkat kementerian secara terbatas. 

Hanya saja, lanjutnya, baik untuk rencana pembangunan pelabuhan Malarko dan perpanjangan bandara perlu ada pembahasan lebih lanjut guna membahas persoalan pembebasan lahan.

"Pemprov Kepri dan Pemkab Karimun akan segera melakukan rapat koordinasi teknis menyangkut hal ini, nanti kita cari solusinya," terang Ansar.

Budi Karya Sumadi sendiri memberikan dukungan penuh terkait rencana pembangunan pelabuhan Malako dan perpanjangan bandara di Karimun. 

Bahkan sudah meninjau langsung kondisi lapangan. Sebagai tindak lanjutnya, sudah dilakukan rapat terbatas di tingkat kementerian.

Menyangkut rencana pembangunan pelabuhan di Kabupaten Natuna, Pemerintah Provinsi Kepri telah menyiapkan anggarannya untuk membuat DED-nya sesuai permintaan Kemenhub.

Baca: Kepri Lobi Kemenkes Minta Tambahan Dosis Vaksin Covid-19

Pelabuhan terpadu Natuna ini rencananya akan dibiayai dari dana Kementerian Perhubungan dengan anggaran sebesar Rp 200 miliar.

"DED-nya akan segera kita bikin, anggarannya sudah disiapkan. Pelabuhan di Natuna ini juga posisinya sangat strategis dan sangat dinantikan oleh masyarakat," ujarnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews