Kepri Lobi Kemenkes Minta Tambahan Dosis Vaksin Covid-19

Kepri Lobi Kemenkes Minta Tambahan Dosis Vaksin Covid-19

Gubernur Ansar Ahmad bersama FKPD kala bertemu Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: ist)

Jakarta, Batamnews - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melobi Kementerian Kesehatan untuk meminta tambahan dosis vaksin Covid-19.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama unsur Forkopimda mendatangi kantor Kementerian Kesehatan RI di Jakarta dan disambut langsung Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada Selasa (24/8/2021) kemarin.

Di Provinsi Kepri, hingga saat ini proses vaksinasi sudah mencapai 72,21 persen dan perlu tambahan vaksin untuk menggesa agar segera merealisasikan target 100 persen.

"Selalu saya katakan bahwa vaksin untuk membentuk hard immunity. Saat ini total masyarakat yang sudah di vaksin di Kepri sudah mencapai 72, 21 persen. Kita minta tambahan vaksin kepada bapak menteri agar bisa kita gesa 100 persen. Jika sudah 100 persen baru kita action di pemulihan ekonomi," kata Ansar.

Tambahan dosis vaksin yang diminta oleh Gubernur ini berkaitan dengan rencana Pemerintah Provinsi Kepri dalam waktu dekat akan menggelar vaksinasi massal kepada 15.000 masyarakat diseluruh Kepri.

"Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kepri, semua cara kita lakukan. Dan alhamdulillah ada hasilnya, BOR rumah sakit di Kepri sekarang sudah rendah. Kita juga memberi insentive kepada para korban Covid-19," katanya lagi.

Dalam pertemuan ini, Gubernur mendapatkan pujian dari Menteri Kesehatan karena dinilai sebagai kepala daerah yang berhasil membangun sinergi bersama FKPD dan mampu menekan penyebaran Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan BOR di sejumlah rumah sakit menurun.

Tidak hanya itu, upaya Pemprov Kepri memulihkan perekonomian dengan cara menggandeng bank swasta untuk membantu UMKM juga menjadi sorotan pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat menyoroti apa yang sudah kita lakukan. Namun kita tetap tidak boleh lengah. Tetap fomus kerja, serius dan kontinyu," ujar Ansar.

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang tampak apresiatif sejak awal pertemuan terlihat senang dengan kunjungan Gubernur, lengkap didampingi para FKPD. 

(sut)