DPRD Titip Nasib Nelayan Kepri ke Badan Pengelolaan Perbatasan

DPRD Titip Nasib Nelayan Kepri ke Badan Pengelolaan Perbatasan

Hanafi Ekra (Foto:ist)

Bintan, Batamnews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), akan membentuk tiga badan baru di lingkungan Pemprov Kepri. Ketiga badan yang akan dibentuk tersebut yakni, Badan Diklat, Badan Pengelolaan Perbatasan, dan Badan Penghubung. 

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kepri, Hanafi Ekra pun mengapresiasi pembentukan tersebut. Salah satunya adalah Badan Pengelola Perbatasan.

"Saya menitipkan nasib nelayan di wilayah perbatasan yang kerap diintai oleh negara tetangga ketika masuk ke wilayah mereka. Selain itu juga saya berharap badan ini juga bisa mengawasi nelayan asing yang masuk dan merugikan nelayan kita. Ini tentu perlu bersinergi dengan stakeholder lainnya," kata Hanafi Ekra, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Hanafi Ekra Beri Sembako Keluarga Nelayan Bintan Ditangkap Aparat Malaysia

Baru-baru ini, menurutnya ada enam nelayan yang ditangkap di Malaysia dan ada juga kisah nelayan yang hilang.

"Ini juga bentuk kedaulatan negara yang perlu dijaga. Semoga ada upaya preventif yang nanti didesain oleh badan ini, tentu harus bersinergi," ucap Anggota Komisi IV DPRD Kepri ini.

Dia juga menambahkan, badan ini ke depan diharapkan mampu memetakan persoalan perbatasan dan memetakan regulasi kewenangan antar pihak terkait.

"Pengelolaan perbatasan ini perlu sekali dilakukan pemetaan masalah dan pemetaan kewenangan. Jangan sampai nanti tumpang tindih dan nanti implementasi di lapangan saling menyalahkan antar stakeholder terkait," ujarnya.

"Jadi saya berharap persoalan perbatasan harus dipetakan, karena memang untuk menjaga kedaulatan negara," pungkas Hanafi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews