Waspada! Cuaca Ekstrem Intai Perairan Kepri

Waspada! Cuaca Ekstrem Intai Perairan Kepri

Basarnas saat melakukan patroli di perairan Kepri (Foto:ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Tanjungpinang mengimbau kepada masyarakat khususnya nelayan untuk selalu waspada saat melaut karena kondisi cuaca sangat ekstrem.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Tanjungpinang, tinggi gelombang laut di perairan Tanjungpinang, Bintan, Batam hingga Tanjung Balai Karimun berkisaran 1 hingga 1.5 meter.

Plh Kepala Basarnas Tanjungpinang, Miswadi mengungkapkan, masyarakat harus tetap waspada dengan cuaca yang buruk. Kemudian selalu menyiapkan antisipasi bila melaut atau liburan ke pantai.

"Kami menyiagakan sarana SAR laut dan personel, serta kami juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan cuaca saat melaut atau liburan ke pantai," ujar Miswadi, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Basarnas Keluarkan Peringatan Dini untuk Nelayan Kepri

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Tanjungpinang ini mengingatkan, bila masyarakat yang bekerja sebagai nelayan pergi melaut atau mancing, harus menyiapkan peralatan keselamatan seperti life jacket.

Cuaca pada musim ini sedang ekstrim dan gelombang laut juga dalam keadaan tinggi dan angin kencang.

Miswadi juga menyampaikan kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di pinggir pantai seperti berenang atau memancing, agar mematuhi instruksi dari petugas atau penjaga pantai tentang batas aman dari garis pantai.

"Itu penting agar kejadian tidak diinginkan tidak terjadi, karena kejadian itu bisa terjadi karena kelengahan kita sendiri," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews