7 Kota Wisata di RI yang Terkenal, Salah Satunya Batam

7 Kota Wisata di RI yang Terkenal, Salah Satunya Batam

Jembatan Barelang Batam (Foto:ist/pegipegi)

Jakarta, Batamnews - Destinasi pariwisata di Indonesia tidak pernah habisnya. Dengan wilayah yang luas, membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan wisata yang beragam.

Masing-masing kota di Indonesia memiliki keunikan serta keunggulan wisatanya sendiri, mulai dari wisata belanja, kuliner, taman hiburan, landmark, hingga alam yang ajaib.

Berikut ini ada rekomendasi kota wisata di Indonesia yang terkenal dan seringkali dikunjungi oleh wisatawan dalam serta luar negeri.

Baca juga: Merah Putih Berkibar Indah di Puncak Batu Gajah Lingga

1. Jakarta

Ibu kota DKI Jakarta memang cukup populer memiliki pariwisata unggulan yang menarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) untuk periode 2018-2020, total kunjungan ke objek wisata unggulan di Jakarta cukup tinggi.

Pada 2018-2019 tercatat sekitar 32 juta lebih. Namun di periode 2020 mengalami penurunan drastis yaitu 4,7 juta karena situasi pandemi. Wisata unggulan Jakarta meliputi Monas, Pelabuhan Sunda Kelapa, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol, Museum Nasional, dan banyak lagi.

Selain mempunyai banyak tempat wisata, Jakarta juga termasuk kota metropolitan terbesar di Indonesia.

2. Bandung

Kota wisata di Indonesia yang terkenal berikutnya adalah Bandung atau biasa dijuluki Paris Van Java, terletak di Provinsi Jawa Barat. Suasana kota Bandung yang sejuk dan memiliki beragam tempat wisata ini tidak heran membuat siapa saja ingin berkunjung.

Mulai dari destinasi pariwisata alam, edukasi, hiburan, kuliner, belanja, semua bisa dengan mudah ditemui di Bandung. Beberapa tempat wisata terkenal yang paling banyak dikunjungi di Bandung meliputi Tangkuban Perahu, De'Ranch, Dago, Bosscha, Lembang, hingga Trans Studio Bandung.

Menurut data BPS Jawa Barat total kunjungan wisatawan periode 2019 ke Kota Bandung mencapai 2,4 juta lebih. Namun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat bahwa selama pandemi ini wilayahnya mengalami penurunan pengunjung hingga 50 persen.

 

3. Padang

Kota Padang di Sumatera Barat termasuk destinasi wisata terkenal yang sering dikunjungi turis lokal hingga mancanegara. Selain disebut-sebut sebagai surganya wisata kuliner, di Kota Padang terdapat banyak wisata alam yang perlu Anda tahu.

Kurang afdol rasanya bila ke Padang tidak mampir ke Jembatan dan Taman Siti Nurbaya yang kisahnya melegenda. Mau berwisata edukasi, silakan datang ke Museum Adityawarman yang menyimpan aneka koleksi bersejarah budaya Minangkabau.

Sementara untuk wisata alam, di Kota Padang memiliki sejumlah pantai-pantai indah. Di antaranya Pantai Padang, Caroline, Nirwana, Air Terjun Lubuak Tampuruang dan banyak lagi.

Baca juga: Namanya Seram, Apa Itu Masjid Hantu yang Dipromosikan Dispar Natuna?

4. Bali

Pesona wisata Bali memang sering disanjung. Bahkan, Pulau Dewata ini banyak direkomendasikan wisatawan mancanegara sebagai destinasi favorit menurut Tripadvisor. Terutama wisata alam dan kebudayaannya yang masih kental, membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati Bali.

Beberapa tempat wisata tersohor Bali yaitu The Keranjang Kuta, GWK (Garuda Wisnu Kencana), Pura, Bali Safari, hingga pantai yang membentang luas, salah satunya Nusa Penida. Perkembangan kunjungan wisatawan ke Bali khususnya di periode pandemi 2021 memang mengalami penurunan. BPS Bali mencatat pada Maret 2021 turun 99,9 persen.

Meski begitu, pemerintah setempat tidak tinggal diam karena melakukan banyak penyesuaian serta yakin bahwa wisata Bali bisa kembali bangkit.

5. Yogyakarta

Yogyakarta sekaligus menjadi kota pelajar ini tidak kalah eksis dengan wilayah lainnya yang sama-sama terkenal sebagai kota wisata. Suasana kota asri serta penduduknya yang terkenal ramah, membuat siapa saja merasa betah saat berada di Yogya.

Daerah tujuan wisata terkemuka Yogyakarta seperti Gunung Merapi, Kaliurang, Bukit Menoreh, Pegunungan Karst, serta wisata belanja Malioboro, candi, pantai, goa, dan lainnya masih menjadi destinasi favorit pengunjung.

Berdasarkan Buku Statistik Pariwisata Yogyakarta, perkembangan wisatawan periode 2015-2019 mengalami pertumbuhan. Baik dari wisatawan domestik atau mancanegara.

Saking terkenalnya, Yogyakarta ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara seperti Jerman, Belanda, Jepang, Malaysia, Singapura sampai negara-negara lainnya.

 

6. Batam

Kota Batam yang kecil namun strategis ini berada di jalur pelayaran dekat Singapura dan Malaysia, sehingga wilayahnya terkenal sebagai kawasan industri.

Selain dikenal juga sebagai surganya wisata belanja, Kota Batam juga memiliki tempat wisata alam, hiburan, edukasi, sampai kuliner yang membuat Anda betah ketika mengunjunginya.

Sampai di Kota Batam jangan lupa untuk melintasi Jembatan Barelang yang diprakarsai oleh B.J. Habibie sebagai landmark kota ini.

Tak jauh dari Jembatan Barelang ada tempat bekas rumah pengungsian warga Vietnam atau Ex-Camp Vietnam, sambil berwisata sejarah. Sempatkan juga berswafoto di Bukit Clara Batam Center untuk mengambil latar tulisan 'Welcome to Batam' yang mirip seperti 'Hollywood' di Amerika.

Baca juga: Nasib Hutan Wisata Mata Kucing saat Pandemi Corona: Satwa Terancam Mati Kelaparan

7. Malang

Malang yang terletak di Jawa Timur termasuk kota wisata populer yang bisa Anda kunjungi untuk destinasi liburan. Sepanjang 2020, BPS Kota Malang mencatat ada 662.570 kunjungan dari wisatawan domestik. Tentunya jumlah tersebut terbilang turun dibanding tahun sebelumnya 2018-2019.

Sementara kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Malang selama 2020 yaitu hanya 8.826 dari yang sebelumnya pada 2019 sebanyak 16.286. Meski terdampak dari situasi pandemi yang sampai sekarang belum usai, hal itu tidak membuat Kota Malang terlupakan.

Sebab, kota wisata di Indonesia yang terkenal berjuluk kota apel ini punya banyak tempat wisata menarik seperti Jatim Park, Museum Angkut, Kampung Warna-warni, kebun teh, hingga wisata paralayang.

Selain itu, Malang juga menjadi tujuan utama para pendaki. Wilayahnya yang dikelilingi pegunungan menjadi spot ideal untuk mengawali pendakian ke Gunung Semeru, Bromo, Arjuno, Panderman, dan banyak lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews