Kadis Pariwisata Batam Sebut Kunjungan Wisman Tahun Ini Diperkirakan Turun, Ini Penyebabnya

Kadis Pariwisata Batam Sebut Kunjungan Wisman Tahun Ini Diperkirakan Turun, Ini Penyebabnya

Jumpa pers persiapan Festival of India di Kantor Wali Kota Batam. (foto: iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Batam Yusfa Hendri, pesimis dengan target yang diberikan Kementerian Pariwisata RI.

Kementerian Pariwisata RI menargetkan pada Dinas Pariwisata Batam, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2015 sebanyak 1,7 juta orang. Sebelumnya, kunjungan wisman tahun 2014 mencapai 1,5 juta orang.

"Kunjungan wisman tahun ini diperkirakan turun, salah satu penyebabnya karena kabut asap," ujar Yusfa saat konferensi pers di Kantor Wali Kota Batam Batam, Selasa (27/10/2015).

Yusfa mengatakan, di akhir pekan biasanya kunjungan wisman dari Singapura dan Malaysia ke Batam melonjak. Namun sekarang orang Malaysia banyak berdiam di rumah.

"Akhir pekan sekarang orang Malaysia memilih diam di rumah, karena di negara mereka kabut asap juga cukup pekat," kata Yusfa.

Sampai saat ini, pada akhir Agustus lalu jumlah kunjungan wisman baru mencapai 1,2 juta orang. Berarti masih kurang 500 ribu orang dari jumlah yang ditargetkan.

Kendati demikian, Dinas Pariwisata Kota Batam terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisman hingga akhir tahun. Hal tersebut dilihat dari event-event yang digelar pada akhir tahun ini.

Pada bulan Oktober ini, atau tepatnya Rabu, 28 Oktober 2015 Dinas Pariwisata Batam akan menggelar event Festival of India. Selain itu, pada bulan Desember 2015 akan diagendakan Kenduri Seni Melayu yang akan mendatangkan masyarakat Melayu yang ada di Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews