Petani Karimun Panen 2 Ton Jagung hingga 3,5 Ton Lele di Masa Pandemi

Petani Karimun Panen 2 Ton Jagung hingga 3,5 Ton Lele di Masa Pandemi

Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menghadiri panen hasil pertanian di Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Kelompok Pertanian Keluarga (PK) di Desa Kundur, Kecamatan Kundur Barat, panen hasil pertanian.

Panen barsama itu langsung dilakukan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepri serta para petani di sana, Sabtu (7/8/2021).

Baca juga: Panen Semangka di Kerandin, Anwar: Bertani Juga Bisa Bikin Sukses

Adapun panen bersama ialah panen cabai, jagung dan juga lele. Selain itu, ada juga ternak kambing yang juga mulai berkembang.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa penen hasil pertanian ini sangat membantu ketahanan pangan masyarakat, juga meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Hasil panen ini dapat membantu ketahan pangan, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini," kata Bupati Rafiq.

Diketahui, jumlah hasil tani yang panen ialah lele dengan jumlah mencapai 3,5 ton, dan tanaman cabai mencapai 1 ton, lalu jagung 2 ton.

Hasil panen tersebut cukup memberikan penghasilan yang besar pada petani.

Rafiq juga berharap, para petani terus mengembangkan hasil petanian. Penghasilan dari panen itu dapat kembali diolah untuk modal pertanian.

"Hasilnya dapat dijadikan untuk modal lagi, diputar lagi untuk bibit pertanian dan pupuk. Sehingga, ini dapat bertahan dalam jangka waktu panjang," ujar Rafiq.

Bantuan kelompok tani

Sejumlah kelompok tani juga mendapat bantuan dana pertanian dari pemerintah pusat, dana Provinsi Kepri dan kabupaten yang diserahkan oleh Bupati Karimun.

Baca juga: Panen Perdana Cabai Merah Batam Hingga 20 Ton dengan Teknologi Proliga, Apa Itu?

Ada tiga kelompok tani yang mendapat bantuan, yaitu kelompok Tani Sepakat Desa Kundur dengan Jumlah Rp 150.000.000, Kelompok Tani Subur Mandiri Desa Sawang Laut dengan jumlah Rp 55.000.000, dan Kelompok Tani Serai Wangi Desa Sungai Ungar Utara dengan jumlah Rp 55.000.000.

Dengan adanya bantuan itu, Rafiq berharap aktvfitas pertanian dapat ditingkatkan lagi, sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Karimun.

"Saya ucapkan selamat dan terimakasih, semoga bapak ibu kelompok tani ini dapat meningkatkan produksinya, sehingga dapat membantu ketahanan pangan dalam masa pandemi ini," ucap Bupati Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews